Hal Yang Patut Anda Tahu tentang Singapore Airshow 2016

Hal Yang Patut Anda Tahu tentang Singapore Airshow 2016
Pengunjung menyaksikan Black Eagle Korsel saat bermanuver selama aerial display dalam pembukaan Singapore Airshow di Changi Exhibition Center 16 Februari, 2016. (Foto: REUTERS/Edgar Su)

Singapore Airshow 2016 digelar Selasa (16/2/2016) hingga 21 Februari 2016 mendatang di Changi Exhibition Centre, Singapura.

Aksi aerobatik menantang maut jet tempur, deru mesin pesawat, utak-taik kokpit pesawat logam nan mengkilap dan menjajal simulator penerabangan, menjadi bagian dari pameran kedirgantaraan terbesar di Asia itu. Simak semua hal tentang #SGAirshow di bawah ini.

APA?
Disebut sebagai pameran kedirgantaraan dan pertahanan terbesar di Asia, serta salah satu acara penerbangan paling penting di dunia. Singapore Airshow adalah acara dua tahunan yang dimulai pada 2008. Acara ini juga menjadi tuan rumah konferensi untuk pemain terkemuka di industri penerbangan global. Dalam gelaran kelima pada tahun ini, panitia telah mengonfirmasi kehadiran 1.000 perusahaan penerbangan dari sekitar 50 negara.

Singapore-Airshow-2016-1602
Pameran terakhir pada 2014 menghasilkan kontribusi ekonomi bagi Singapura sebesar US$319 juta, meningkat 25% dibanding kontribusi yang didapat negara itu pada 2012. Pameran pada 2014 juga telah menarik hampir 100.000 pengunjung selama pameran yang terbuka untuk umum.

KAPAN?
Pameran resmi dibuka 16 Februari 2016, namun baru akan terbuka untuk publik pada 20 Februari dan 21 Februari, dari pukul 9.30 hingga pukul 17.00 waktu Singapura. Tanggal 16 hingga 19 hanya terbuka bagi para profesional dan pelaku bisnis penerbangan saja.
DIMANA?
Digelar di Changi Exhibition Centre dengan hall indoor seluar 40.000 meter persegi berpendingin ruangan, dan 100.000 meter persegi ruang pamer outdoor. Terdapat 2.000 lot parkir tersedia. Lebih tepatnya untuk Changi Exhibition Centre dalam koordinat GPS adalah: 1.364025, 104.022153.
ADA APA SIH?

1. Aerial display
Menu yang harus ditonton. Waktu show akan dimulai pada 10.30 hingga pukul 11.00 waktu Singapura pada Sabtu 20 Februari dan pukul 14.20 hingga pukul 15.00 pada Minggu (21/2/2016).
Angkatan Udara Singapura (RSAF) akan kembali unjuk gigi. Kali ini dengan jet tempur F-15SG dan helikopter penyerang AH-64D Apache, menyuguhkan 11 manuver dalam lebih dari 12 menit. Ini termasuk debut “Vertical Punch”, sebuah formasi dan gerakan akrobatik terbaru persembahan tim itu.

RSAF akan kembali unjuk gigi. Kali ini dengan jet tempur F-15SG dan helikopter penyerang AH-64D Apache. (Reuters)
RSAF akan kembali unjuk gigi. Kali ini dengan jet tempur F-15SG dan helikopter penyerang AH-64D Apache. (Reuters)

Juga Angkatan Udara Korea Selatan dengan Black Eagle akan unjuk gigi dalam aerial display ini.

Angkatan Udara Korea Selatan dengan Black Eagle akan unjuk gigi dalam aerial display. (Reuters)
Angkatan Udara Korea Selatan dengan Black Eagle akan unjuk gigi dalam aerial display. (Reuters)

Tak ketinggalan, Angkatan Udara Prancis akan mempertunjukkan Dassault Rafale, Angkatan Udara AS (USAF) mempertontonkan F-16C/D Fighting Falcon, dan Angkatan Udara Diraja Malaysia menyuguhkan Su-30MKM dan masih banyak lagi.

2. Pameran Statis
RSAF akan memamerkan 11 aset berbeda kepada publik untuk melihat lebih dekat. Pengunjung bisa naik ke kokpit ikon merah-putih Black Knight F-16C atau berfoto narsis dengan kendaraan udara tak berawak (UAV) seperti sistem senjata permukaan-ke-udara yang dibangun Israel Heron 1.

engunjung bisa naik ke kokpit ikon merah-putih Black Knight F-16C. (Reuters)
engunjung bisa naik ke kokpit ikon merah-putih Black Knight F-16C. (Reuters)

Sebuah jet tempur yang Singapura telah menyatakan minat untuk membeli, generasi kelima F-35 Joint Strike Fighter – juga akan dipajang
Sementara itu, pesawat tempur siluman F-22 Raptor USAF membuat debut di Airshow, bersama USMC MV-22 Osprey tiltrotor Angkatan Laut AS, pesawat hibrid yang bisa melayang-layang seperti helikopter atau terbang seperti pesawat sayap tetap. Juga untuk kali pertama di pameran, akan dipertunjukkan jet bisnis mewah Bombardier, Embraer dan Gulfstream.

3. Flight simulator
Termasuk simulator F-35 terbaru dihadirkan di ruang pameran.

4. Berfoto bersama dan meminta tanda tangan pilot layaknya groupies band.
BERAPA?
Tiket dilego S$22 (Rp210.000) untuk dewasa dan S$9 (Rp85.000) untuk anak-anak berusia tiga sampai 12. Mereka tersedia di SISTIC saja dan tidak ada tiket boks di Changi Exhibition Centre. Setelah masuk area pameran dan keluar, tak diperbolehkan masuk lagi.
Untuk memudahkan mendatangi tempat pameran, gunakan layanan antar-jemput. Akan terjadi penutupan sejumlah arus lalu lintas di daerah tersebut. Jalan utama menuju Changi Exhibition Centre hanya akan terbuka untuk kendaraan dengan label Singapore Airshow dan taksi.
Akan ada biaya tambahan jika Anda naik taksi dari tempat pameran dan Anda juga harus mengantre untuk itu. Sebab, semua taksi on-call dan Uber atau Grab car dilarang masuk ke area pameran.
Layanan jemput ulang-alik merupakan pilihan terbaik dan efisien. Mereka beroperasi dengan interval 15 menit ke dan dari Singapore Expo, dan bebas biaya tambahan jika Anda memiliki tiket Airshow.
Dua hari terakhir Airshow kemungkinan akan dihadiri Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam para menteri dan anggota Parlemen Singapura.
Makanan dan minuman di area Airshow sebagian besar harus dibayar uang tunai. Lupakan memakai kartu kredit.
Terakhir, bawa penutup kuping dan kacamata hitam untuk menonton aerial display.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.