TODAY HISTORY: Bencana Sabena Batalkan Kejuaraan Dunia di Cheska

Petugas Pemadam Kebakaran Belgia memadamkan api di pesawat Sabena. (Foto: listdose.com)

Hari ini beberapa tahun lalu, terdapat sejumlah peristiwa bersejarah dalam dunia penerbangan yang layak dicatat. Berikut rekaman sejarah aviasi yang dihimpun flightzona khusus untuk Anda.

15 Februari

1938

B-17 Flying Fortress
B-17 Flying Fortress

Enam personel angkatan Darat AS Korps Udara, memulai tur dari Amerika Latin dengan B-17 Flying Fortress, bepergian 12.000 mil ke Lima, Buenos Aires, Santiago dan kembali lagi ke AS.

1965

Guy Maher mendarat di Medford, New Jersey, menggunakan helikopter Hughes 300, melengkapi rekor penerbangan melintasi benua Amerika pertama dengan helikopter oleh pilot wanita.

 

1961

Petugas Pemadam Kebakaran Belgia memadamkan api di pesawat Sabena. (Foto: listdose.com)
Petugas Pemadam Kebakaran Belgia memadamkan api di pesawat Sabena. (Foto: listdose.com)

Pesawat Boeing 707-300 (OO-SJB) maskapai Sabena Airlines Penerbangan 548, tujuan Brussels, Belgia dari Bandara Idlewild di New York, jatuh saat mendekati Brussels, menewaskan semua 72 orang di dalamnya, termasuk seluruh anggota tim figure skating Amerika Serikat yang sedang dalam perjalanan mengikuti Kejuaraan Dunia Ice Skating di Praha, Republik Cheska.

Jatuhnya pesawat juga menewaskan Theo de Laet, seorang petani di darat, dan seorang lainnya harus kehilangan kaki karena terkena pecahan pesawat yang terlontar, membuat total korban tewas menjadi 73 orang.

Sabena Air
Kabar jatuhnya Sabena di Belgia menghiasi headlines surat kabar. (Foto: rarenewspapers)
Bencana Sabena Batalkan Kejuaraan Dunia di Cheska
Kabar jatuhnya Sabena di Belgia menghiasi headlines surat kabar. (Foto: rarenewspapers)

Sebanyak 18 atlet dari tim figure skating AS dan 16 anggota keluarganya, pelatih, dan pejabat ofisial pengantar menjadi orang-orang di antara korban tewas.

Salah satu atlet korban tewas adalah juara wanita 9 kali, yang saat kecelakaan terjadi telah menjadi pelatih, Maribel Vinson-Owen, bersama dua anak perempuannya, juara figure skating AS, Laurence Owen (usia 16) dan juara berpasangan Maribel Owen (usia 20). Laurence Owen bahkan baru saja menjadi cover sampul untuk edisi 13 Februari di majalah olahraga populer, Sports Illustrated.

Dalam kecelakaan itu AS juga kehilangan atlet pria peraih medali perak Gregory Kelley, peraih medali perak wanita Stephanie Westerfeld, dan atlet wanita peraih medali perunggu Rhode Lee Michelson.

Hilangnya tim figure skating ini dianggap menjadi bencana olahraga internasional, sehingga Kejuaraan Dunia Figure Skating 1961 pun dibatalkan.

Bencana Sabena Batalkan Kejuaraan Dunia di Cheska
Tim Figure Skating berfoto di Bandara New York, sebelum bertolak ke Belgia. Semua anggota tim, keluarga yang mengantar, pelatih dan pejabat ofisial tewas dalam kecelakaan. (Foto: listdose.com)

Ini adalah kecelakaan fatal pertama Boeing 707, yang baru memasuki layanan lebih dari dua tahun atau sekitar 28 bulan sejak dioperasikan sebagai pesawat komersial. Penyebab jatuhnya Sabena Air ini tidak pernah disimpulkan dengan pasti. Tetapi kemungkinan besar diduga disebabkan terjadinya malfungsi pada mekanisme penyesuai stabilizer.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=1kk4jLVX7ZA[/embedyt]

2011

United Airlines mengrounded sementara semua 96 pesawat Boeing 757 milik mereka, untuk memeriksa upgrade software terbaru yang belum dilakukan pernah diuji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.