Maskapai Terburuk di Dunia, Dilarang Asal Potret dan Baca Koran, Fasilitas Serba Jadul

    Saat tersenyum menyapa penumpang turun dari pesawat mengucapkan terima kasih, sebetulnya ia tengah memikirkan akhir penerbangan melepaskan kepenatan bekerja di hotel yang nyaman dan segera berelaksasi.

    Jika Anda menumpang pesawat Air Koryo bisa jadi Anda akan jadi penumpang paling serius di dunia. Semua aturan yang tidak “umum” di maskapai lain, harus Anda patuhi. Kalau tidak, Anda bisa menemui masalah yang lebih serius lagi.

    Air Koryo adalah maskapai milik pemerintah Korea Utara. Perusahaan penerbangan yang hanya mengambl rute penerbangan internasional ke Tiongkok dan Mongolia ini memiliki aturan ekstra yang harus dipatuhi penumpang.

    Misalnya saja, penumpang dilarang asal memotret di wilayah udara Korut. Meskipun mengambil foto dari ketinggian 32.000 kaki sekalipun, jika itu dilarang maka jangan coba-coba melanggarnya. Awak kabin Air Koryo tak akan segan-segan mengambil paksa kamera Anda.

    Larangan sensitif lainnya adalah membaca koran. Ingat jangan sekali kali membaca koran yang menampilkan gambar atau artikel tentang pemimpin tertinggi Korut Kim Jong Un. Apalagi Anda bukan warga Korut, dijamin akan ada tindakan dari awak kabin dan masalah ini akan diteruskan ketika tiba di darat. Benar benar repot bukan?.

    Selain aturan ekstra aneh, secara umum pelayanan maskapai yang seluruh armadanya buatan Rusia ini dinilai yang terburuk di dunia. Maskapai ini adalah satu-satunya maskapai di dunia yang hanya diberi bintang satu dalam sebuah laporan peringkat penerbangan yang dirilis konsultan penerbangan SkyTrax yang berbasis di Inggris.

    awak kabin air koryo
    awak kabin air koryo

    Sementara lebih dari 180 maskapai lainnya mendapat peringkat bintang lima, yang dianggap sebagai patokan global dari standar perusahaan penerbangan.

    Kelemahan maskapai ini di antaranya, pramugari cenderung tidak bisa berbicara bahasa asing dengan baik, tidak ada majalah dalam pesawat, makanan yang tidak akan memenangkan penghargaan apapun dan, di pesawat yang semuanya tua, sistem pendingin akan membuat basah kursi penumpang.

    Selain itu hiburan yang ditampilkan dalam pesawat juga tergolong kuno. Seperti penampilan grup band wanita terkenal Moranbong yang menyanyikan lagu-lagu kepahlawanan para pemimpin Korut, atau film kartun buatan negara komunis tersebut.

    Meski dinilai jadul, tidak ramah penumpang dan kaku, namun sejarah mencatat Air Kroyo termasuk salah satu maskapai yang sangat aman. Nyaris tidak ada kecelakaan pesawat terbang dalam dua puluh tahun terakhir. Kecelakaan terakhir Air Koryo terjadi sekali pada 1983 ketika maskapai itu masih bernama CAAK.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.