Khawatir Zika, Inggris Minta Maskapai Semprot Pesawat dengan Insektisida

    Khawatir Zika, Inggris Minta Maskapai Semprot Pesawat dengan Insektisida
    Khawatir Zika, Inggris Minta Maskapai Semprot Pesawat dengan Insektisida

    Pemerintah Inggris mengeluarkan kebijakan baru demi mencegah penyebaran virus zika dari negara-negara endemik di Amerika Selatan. Seluruh pesawat terbang yang tiba dari negara-negara tersebut akan disemprot dengan insektisida.

    Seperti dilansir The Guardian, Jumat (5/2/2016), Pemerintah Inggrris meminta kesediaan seluruh maskapai penerbangan yang terbang ke Inggris dari negara-negara endemik untuk disemprot insektisida. Pesawat yang sedang parkir di bandara untuk menunggu penerbangan juga akan disemprot demi memastikan para penumpang aman dari penyebaran virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti itu.

    Kebijakan serupa juga dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit malaria. Seluruh pesawat yang tiba dari wilayah dengan kasus malaria tinggi wajib disemprot insektisida. Menteri Kesehatan Inggris Jane Ellison mengimbau warganya yang bepergian ke negara endemik Zika untuk memakai baju lengan panjang dan celana tertutup untuk menghindari gigitan nyamuk.

    Nyamuk d Aedes aegypti engan ciri khas belang hitam putih itu sendiri diyakini tidak akan bisa bertahan hidup dan berkembang di Inggris karena cuaca yang lembab. Nyamuk itu diketahui hanya hidup di wilayah tropis.

    Belum ada laporan mengenai warga Inggris yang terjangkit virus tersebut. Namun, setidaknya dua orang terdiri dari satu pria dan satu wanita, di Irlandia terjangkit virus yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak bayi dalam kandungan ibu hamil itu. Dikabarkan, keduanya kini sudah pulih seperti sedia kala.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.