Siap Jajal Rute Jakarta-Silangit, Batik Air Dikuntit Citilink & Sriwijaya

    Siap Jajal Rute Jakarta-Silangit, Batik Air Dikuntit Citilink & Sriwijaya
    Siap Jajal Rute Jakarta-Silangit, Batik Air Dikuntit Citilink & Sriwijaya

    Maskapai penerbangan Batik Air akan melayani rute baru yang menghubungkan antara Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Silangit Tapanuli Utara, Sumatra Utara mulai bulan depan.

    Direktur Utama (Dirut) Angkasa Pura II (AP II) Budi Karya Sumadi mengatakan pembukaan rute penerbangan nonstop Jakarta menuju Bandara Silangit merupakan langkah awal dalam pengembangan bandara yang berlokasi dekat dengan Danau Toba itu.

    “Batik Air mungkin satu bulan lagi. Tinggal dapat izin dari Kementerian Perhubungan dan persiapan-persiapan promosi bersama, mungkin sebulan lagi Batik Air jalan, minimal dua kali sepekan, kalau bisa tiga kali. Dan dalam waktu tiga bulan dia akan tingkatkan tiap hari,” kata Budi, seperti dikutip indo-aviation, Jumat (5/2/2016).

    Hingga kini, belum ada maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta-Silangit secara nonstop. Menurut Budi, penerbangan menuju Bandara Silangit memiliki potensi yang tinggi karena dekat dengan destinasi wisata ternama di Sumatra Utara, Danau Toba.

    Selain Batik Air, ada dua maskapai penerbangan lain yang tertarik melayani penerbangan rute inisecara nonstop, yaitu Citilink Indonesia dan Sriwijaya Air.

    Selama ini penerbangan menuju Bandara Silangit baru dioperasikan Wings Air dan Susi Air dari Bandara Kuala Namu Medan. “Tiga penerbangan ini bersedia melakukan penerbangan ke Silangit langsung ke Jakarta. Khususnya Batik ingin melakukan penerbangan menggunakan Airbus A320. Yang paling intensif [mengajukan komunikasi dengan AP II] Batik Aira,” kata dia.

    Budi menambahkan, Angkasa Pura II telah berkoordinasi dengan Ditjen HubudKementerian Perhubungan agar penerbangan menuju Bandara Silangit tidak hanya dioperasikan dari Bandara Soekarno-Hatta saja, tapi juga dari Bandara Halim Perdanakusumah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.