Airbus A350-900 XWB Singapore Airlines Selesaikan Penerbangan Perdana

    Pesawat baru milik Singapore Airlines (SIA), Airbus A350-900 XWB, telah menyelesaikan penerbangan perdananya di langit barat daya Prancis, di mana pesawat tersebut dirakit, pada Selasa (2/2/2016).

    Pesawat dengan livery khas Singapore Airlines itu kemudian akan memasuki tahap akhir dalam proses produksi, termasuk pengecekan darat lebih lanjut dan uji terbang lebih intensif sebelum dikirim dalam waktu beberapa pekan ke depan.

    A350 XWB ini akan menjadi tulang punggung armada pesawat berbadan lebar ukuran sedang SIA pada masa depan. Secara keseluruhan, maskapai tersebut telah memesan 67 unit A350-900 yang akan digunakan untuk melayani penerbangan jarak jauh serta beberapa layanan regional pilihan.

    Keterangan Airbus Industrie sebagaimana diterima di Jakarta, Kamis (4/2/2016) menyatakan, tujuh unit dari 67 unit A350 XWB pesanan SIA itu akan dilengkapi dengan kemampuan ultra-long range yang memungkinkan pesawat terbang hingga 19 jam, sehingga maskapai mampu melanjutkan penerbangan non-stop ke Amerika Serikat dari Bandara Internasional Changi, Singapura.

    A350 XWB adalah pesawat penumpang generasi termutakhir dan merupakan anggota terbaru dalam keluarga produk pesawat berbadan lebar Airbus yang modern, nyaman, dan efisien.

    Pesawat ini memiliki desain aerodinamis terkini, badan dan sayap yang terbuat dari serat karbon, serta mesin baru Rolls-Royce Trent XWB yang hemat bahan bakar.

    Seluruh teknologi terbaru ini memberikan tingkat efisiensi operasional yang tidak tertandingi dengan pengurangan 25% konsumsi bahan bakar dan emisi, serta biaya perawatan yang jauh lebih rendah.

    Hingga kini, Airbus telah mencatat 777 pesanan untuk A350 XWB dari 41 pelanggan di seluruh dunia. Hal ini, menurut Airbus Industrie, menjadikan A350 XWB sebagai salah satu pesawat berbadan lebar paling sukses yang pernah ada.

    Selain 67 Airbus 350 XWB, SIA juga memesan 30 unit Boeing 787-10s yang dijadwalkan dikirin pada tahun anggaran 2018/19.

    CEO SIA, Goh Choon Phong mengatakan, pesawat baru itu akan memantapkan SIA dalam posisi terdepan dalam industri penerbangan di kawasan, dan menunjukkan komitmen SIA dalam mendukung Singapura sebagai hub Penerbangan dunia di regional Asia Tenggara.

    Sebelumnya SIA telah mengumunkan, pesawat Airbus A350 XWB yang dikirim pertama itu di antaranya akan digunakan untuk melayani penerbangan Singapura-Amsterdam mulai April 2016 mendatang.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.