Pakai Ilyushin-62, Kim Jong Un Buktikan Tak Takut Terbang

Pesawat Kim Jong Un

Kim Jong Un tampaknya senang menunjukkan bahwa dia tak takut terbang seperti ayahnya Kim Jong Il

 

Lupakan dulu Boeing dan Airbus yang jamak dipakai banyak Presiden sebagai pesawat kenegaraan. Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un lebih memilih Ilyushin Il-62 untuk pesawat kenegaraannya.

Ya tentu saja. Pesawat andal ini adalah bikinan Rusia, sekutu Korut. Sayangnya tidak banyak informasi tentang interior dan kondisi pesawat milik pemimpin yang dikenal dingin luar dalam itu.

Kockpit  Ilyushin Il-62
Kockpit Ilyushin Il-62

Foto pesawat Jong Un untuk kali pertama dirilis harian Rodong Sinmun. Sayangnya foto foto tersebut tidak terlalu detail menggambarkan kondisi pesawat. APalagi interior pesawat.

Dalam foto itu terlihat sebuah pesawat Ilyushin Il-62 buatan Rusia yang dijadikan pesawat kepresidenan. Pesawat inilah yang mengantarkan Kim Jong Un dalam berbagai kunjungan kerja ke seluruh Korea Utara.

Sekilas pandang, pesawat Il-62 ini sangat mirip dengan Air Force One. Bedanya, di badan pesawat ini terdapat nama resmi Korea Utara, bendera negara, dan sebuah bintang di ekornya.

Sebuah foto resmi yang dimuat Rodong Sinmun memperlihatkan Kim Jong Un dan istrinya berjalan di atas karpet merah dan disambut sepasukan tentara, saat keduanya menghadiri sebuah kompetisi tempur di sebuah lokasi yang disebutkan.

Kim Jong Un
Kim Jong Un

Sejumlah media Korea Selatan menyimpulkan, Kim Jong Un tampaknya senang menunjukkan bahwa tak seperti ayahnya Kim Jong Il, dia tidak dihinggapi fobia terbang.

Semasa hidupnya, Kim Jong Il selalu menggunakan kereta api khusus yang dilengkapi persenjataan untuk bepergian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.