Pilot Tertembak di Tanzania, Sempat Beraksi Heroik Bak Film Hollywood

Pilot Tertembak di Tanzania, Sempat Beraksi Heroik Bak Film Hollywood
Pilot Tertembak di Tanzania, Sempat Beraksi Heroik Bak Film Hollywood

Dalam kondisi tertembus peluru, seorang pilot asal Inggris ini masih sempat mengarahkan helikopter agar jatuh di pepohonan, memberikan waktu agar temannya bisa meloncat menyelamatkan diri sebelum helikopter membentur tanah.
Diberitakan sebelumnya, Roger Gower, 37, pria asal Birmingham, Inggris, adalah pilot yang sedang melacak penjahat pembunuh tiga gajah di Maswa Game Reserve yang terletak di sepanjang perbatasan Taman Nasional Serengeti, Tanzania, Jumat (29/1/2016).

Sekonyong-konyong, salah seorang pemburu gajah yang merasa terganggu dengan kehadiran helikopter menembakkan senjata ke arah helikopter yang dikendalikan Roger.

Sebuah peluru kaliber besar menembus lantai helikopter, mengenai kaki Gower, tembus mengenai bahu dan peluru itu pun lenyap menembus atap helikopter.

Kendati dalam keadaan terluka, Gower masih sempat beraksi heroik. Pilot itu masih sempat mengendalikan helikopternya ke arah pohon di bawah, memberi kesempatan untuk koleganya Nicky Bester, meloncat keluar sebelum helikopter itu membentur tanah.

Kakak Gower, Max, 42, adalah aktivis yang mendirikan halaman penggalangan dana secara online sebesar £50.000 (Sekitar Rp1 miliar) untuk membantu upaya anti-perburuan di Tanzania.

 Pilot Tertembak di Tanzania, Sempat Beraksi Heroik Bak Film Hollywood
Pilot Roger Gower sedang melacak pemburu gajah ilegal di Taman Nasional Serengeti, Tanzania. (FOTO: Tropic Air Kenya)

Max mengisahkan, adiknya tersebut merupakan sahabat sekaligus tetangga dekat dari Bester korban lainnya yang selamat. Kendati Gower merupakan pilot anti-perburuan yang berpengalaman, pria naas itu baru terbang untuk misi di Tanzania sejak Oktober atau November 2015 lalu.

“Dia sangat senang dengan pekerjaan barunya itu. Sayang ia tidak memiliki kesempatan lebih lama untuk menikmatinya, ” kata Max, seperti dikutip Guardian.com, Selasa (2/2/2016).

Max mengaku masih berusaha mencari tahu semua fakta. “Saat kejadian, ia jelas sangat terluka tapi melihat apa yang ia lakukan di detik-detik terakhir hidupnya, saya yakin adikku tak pernah menyadari betapa ia terluka parah saat itu,” ungkapnya.

Menurut Max, kejadian saat itu sangat cepat. “Dia sempat kehilangan kesadaran dan saya pikir dia masih hidup untuk beberapa waktu setelah itu. Dia meninggal di samping sahabat terbaiknya di luar sana,” kisah Max.
Di Tanzania, Gower tinggal serumah dengan Nick Bester, sahabatnya yang menemani di detik-detik terakhir hidupnya itu.

  Pilot Tertembak di Tanzania, Sempat Beraksi Heroik Bak Film Hollywood
Helikopter yang dikemudikan Roger ringsek setelah terjatuh. (Foto: Dailymail.co.uk)
  Pilot Tertembak di Tanzania, Sempat Beraksi Heroik Bak Film Hollywood
(Foto: Dailymail.co.uk/Facebook)

Gower merupakan mantan akuntan yang mendapat lisensi pilot pada 2004. Sejak itu, Gower memilih terbang untuk misi anti-perburuan setiap hari. Sebelum bergabung dalam lembaga Friedkin Conservation Fund di Tanzania, pria itu pernah bekerja di Kenya selama 10 tahun. Di negara itu, dia menerbangkan helikopter baik untuk komersial maupun dalam misi anti-perburuan.

Gower banyak terbang untuk misi anti-perburuan. Tapi dia tidak pernah sedekat itu dengan pemburu bersenapan. “Seperti yang saya pahami, ia terkejut. Dia tidak melihat pemburu itu sampai dia sangat dekat dengan mereka. Saya tidak tahu apakah orang yang menembaknya memang ingin membunuh atau tidak, tapi dia telah membunuhnya,” ujar Max.

  Pilot Tertembak di Tanzania, Sempat Beraksi Heroik Bak Film Hollywood
Pejabat lokal Tanzania menginspeksi helikopter yang jatuh setelah pilotnya ditembak pemburu gajah. (Foto: Metro.co.uk)

Tiga pria sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditangkap karena menyediakan transport dan keperluan bagi para pemburu. Namun lebih dari lima orang lainnya yang diduga terlibat dalam kejadian itu, termasuk pria bersenjata yang menembak Gower, hingga kini masih buron.

Baca Juga:

Dekati Jasad Gajah, Pilot Asal Inggris Tewas Tertembak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.