Pesawat Pengangkut 200 Penumpang Nyaris Celaka Gara-Gara Roket Minuman Bersoda

    Pesawat Airbus A321 nyaris celaka gara-gara roket air yang dibuat dari botol minuman bersoda yang meluncur hingga ketinggian 1.500 kaki.

    Sebagaimana dilansir Mirror, Senin (1/2/2016), Badan Keselamatan Penerbangan Inggris atau United Kingdom Airprox Board (UKAB) melaporkan pilot A321 baru saja lepas landas dari Bandara Birmingham. Kemudian, pilot mengaku melihat apa yang dia sebut sebagai UFO dari kokpit pesawatnya.

    Awak kabin pesawat berpenumpang 200 orang itu juga melihat benda mencurigakan yang nyaris terhantam pesawat. Benda yang ternyata roket air itu melewati sisi kanan pesawat. Untungnya, roket air tak sampai bersentuhan dengan badan pesawat.

    Dalam laporan tersebut, benda itu digambarkan sebagai roket yang dibuat dari botol minuman bersoda berkapasitas empat liter. Botol itu meluncur secara vertikal dan jaraknya hanya 200 meter dari Airbus A321. Pengawas udara Inggris tidak mampu melacak sumber dari roket.

    Roket dari botol bekas minuman jarang meluncur lebih tinggi dari puncak pohon atau rumah.

    Sesuai hukum yang berlaku di Inggris, siapa pun yang membuat roket air yang memiliki kekuatan melebihi 160 Newton per detik harus menghubungi Air Traffic Control. Sejauh ini, rekor dunia peluncuran tertinggi roket botol air adalah 2.723 kaki.

    Facebook Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.