Qatar Airways Siapkan Rute Penerbangan Terlama di Dunia

    Qatar Airways berancana membuka rute penerbangan langsung terlama di dunia. Jalur yang akan dibuka maskapai asal Timur Tengah itu adalah antara Doha, Qatar dan Auckland, Selandia Baru. Waktu yang harus ditempuh dalam penerbangan tersebut sekitar 18,5 jam.

    CEO Qatar Airways Akbar Al Baker mengungkapkan rencana tersebut dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg Business beberapa waktu lalu di pameran dirgantara Bahrain Air Show.
    Pesawat Boeing 777-LR akan digunakan untuk melakukan perjalanan terlama menggunakan pesawat komersil. Pesawat ini dapat membawa 259 penumpang. Namun, Akbar Al Baker tidak menyebutkan mulai kapan rute baru itu akan dibuka. Penerbangan Doha-Auckland terbentang sejauh 9.034 mil atau 14.539 kilometer.

    Menurut portal statistik statista.com, rute penerbangan terpanjang di dunia saat ini dioperasikan oleh maskapai Asutralia, Qantas, yakni penerbangan antara Dallas-Fort Worth, Amarika Serikat dan Sydney, Australia. Rute sejauh 8.577 mil atau 13.804 kilometer itu memakan waktu 17 jam. Sementara, rencana Emirates membuka jalur Dubai, Uni Emirat Arab, hingga Panama City, Panama, yang memakan waktu 17,5 jam ditunda. Sedianya Emirates mulai mengoperasikan jalur itu pada 1 Februari.

    Sementara, Singapore Airlines yang memegang rekor penerbangan nonstop terlama hingga 2013 berencana membuat rekor baru dengan membuka penerbangan langsung Singapura dan New York yang memakan waktu hampir 19 jam.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.