Lebih 10.000 Penerbangan di AS Dibatalkan

Lebih 10.000 Penerbangan Dibatalkan
Lebih 10.000 Penerbangan Dibatalkan

Lebih dari 10.000 penerbangan harus dibatalkan di wilayah Pantai Timur Amerika Serikat akibat badai musim dingin besar yang membawa salju di daerah-daerah mulai dari Carolina ke New England. Diperkirakan, penerbangan baru bisa dilakukan pada Senin (25/1/2016).

Maskapai membatalkan ribuan jadwal penerbangan dan mengeluarkan pengumuman pembatalan untuk menghindari efek buruk penerbangan dalam kondisi badai.

Menurut layanan pelacakan penerbangan FlightAware, setidaknya terdapat 10.700 pembatalan penerbangan di AS dalam rentang antara Jumat (22/1) hingga Minggu (24/1).

Pada Jumat, tercatat terjadi 3.100 pembatalan, yang sebagian besar diumumkan sehari sebelumnya. Kondisi lebih parah para Sabtu, pembatalan terjadi pada 4.470 jadwal penerbangan. Pada Minggu (24/1) hingga berita ini ditulis, sudah terjadi 2.780 penerbangan dan diperkirakan terus bertambah. Dan akibat adanya calon penumpang yang terjebak jauh dari rumah akibat badai, sebanyak 350 penerbangan di AS telah dibatalkan Senin (25/1).

Semua penerbangan sempat terhenti pada Sabtu di empat bandara tersibuk di AS yakni Philadelphia, Washington Dulles, Washington Reagan Nasional dan Baltimore/Washington International. Kondisi ini terus berlanjut di Dulles dan Reagan Nasional hingga Minggu.

Penundaan penerbangan ini ternyata juga meluas, mempengaruhi puluhan bandara di Pantai Timur, termasuk tiga bandara besar yang melayani New York City, di mana sebagian besar jadwal pada Sabtu telah dibatalkan di Newark Liberty, JFK dan Bandara LaGuardia.

Di Charlotte, salah satu bandara tersibuk dan terbesar kedua AS, jadwal penerbangan sebagian dilanjutkan pada Sabtu setelah seluruh jadwal penerbangan pada Jumat dibatalkan.

Sejumlah pembatalan penerbangan ini sepertinya bakal berlanjut kian parah di di Washington, Baltimore, New York dan Philadelphia, yang diprediksi baru akan beroperasi normal kembali pada Selasa (26/1). Di Washington Dulles, misalnya, 40% dari penerbangan pada Minggu dan 15% dari jadwal penerbangan pada Senin sudah dibatalkan sejak Sabtu sore.

Di Austin, hampir 24 penerbangan pada Sabtu dibatalkan kendati langit cerah dan suhu di atas titik beku. “Ini efek domino industri penerbangan,” kata juru bicara Bandara Internasional Austin-Bergstrom Jason Zielinski kepada Keye-TV di Austin, seperti dikutip USA Today, Minggu (24/1/2016).

Semua penerbangan yang beroperasi di jalur badai di Pantai Timur AS, memilih membatalkan penerbangan dan menawarkan pengembalian uang atau membebaskan biaya penjadwalan ulang penerbangan. Kebijakan maskapai penerbangan berbeda-beda. Tetapi mereka umumnya memungkinkan pelanggan membuat perubahan jadwal perjalanan mereka dengan sejumlah pembatasan, tanpa biaya tambahan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.