Gara-Gara Pramugarinya Sakit, Jetstar Batalkan Penerbangan Perth ke Bali

Jetsat Batalkan Penerbangan

Sebuah penerbangan Jetstar dari Perth, Australia, tujuan Bali, Jakarta, dibatalkan pada menit terakhir setelah pramugari yang semestinya melayani penerbangan itu sakit.

Jetstar telah meminta maaf atas pembatalan penerbangan Perth ke Bali pada Sabtu (16/1/2016) pekan lalu, setelah salah satu pramugarinya sakit.

Penumpang yang sudah menunggu bersiap boarding ke pesawat diberitahu melalui loudspeaker bandara pada detik-detik terakhir menjelang keberangkatan pada 6.20 waktu setempat, bahwa penerbangan dibatalkan.

Seorang juru bicara Jetstar mengatakan maskapai terpaksa membuat pembatalan di menit terakhir karena tidak dapat menemukan anggota kru pengganti petugas yang sakit mendadak sebelum pesawat take-off itu. Di bawah kebijakan maskapai, pesawat Airbus A320 memerlukan empat pramugari berada di dalam pesawat.

Jetstar Batalkan Penerbangan Perth ke Bali
Sepuluh orang naik penerbangan satu jam berikutnya dan sisanya berjalan kembali ke bagian depan bandara.

Seorang penumpang yang telah naik ke pesawat itu mengatakanpenerbangan itu tidak dijadwal ulang dan penumpang diminta untuk membawa tas mereka dan kembali ke bagian depan bandara. “Sepuluh orang penumpang naik penerbangan maskapai lain, satu jam berikutnya dan sisanya dari kita berjalan kembali ke bawah,” kata penumpang perempuan itu, seperti dikutip watoday, Jumat (22/1/2016).

“Ketika kami tanya mengapa [penerbangan dibatalkan], mereka mengatakan anggota staf tidak muncul. Saat itu kami melihat pilot di pesawat, sehingga kami pikir pasti ada pramugari.”

Setelah memboikot konter Jetstar dan menghubungi Jetstar melalui telepon, penumpang ditawari penerbangan alternatif selang 14 jam kemudian pada hari itu juga, atau memilih terbang dengan maskapai lain jika memiliki jadwal waktu yang pendek di Bali.

Pembatalan Jarang

Seorang juru bicara Jetstar meminta maaf atas gangguan terhadap para wisatawan yang hendak ke Bali itu. “Jenis pembatalan ini memang sangat jarang, jadi kami memahami hal ini akan membuat penumpang sangat frustasi. Tim kami telah menawarkan kepada penumpang penerbangan alternatif ke tujuan mereka secepat mungkin,” katanya.

Kebanyakan penumpang pada hari itu memilih terbang ke Bali dengan penerbangan alternatif yang ditawarkan Jetstar. Namun sebagian diminta menunggu hingga Minggu pagi untuk terbang ke Bali.

Jetstar memberikan voucher makan dan minum kepada pelanggan serta akomodasi selama menunggu penerbangan alternatif yang mereka tawarkan.

Penerbangan Jetstar lainnya yang berangkat dari Perth ke Singapura pada pagi hari yang sama juga dibatalkan. Jetstar belum mengkonfirmasi apakah pembatalan itu juga karena kekurangan staff.

watoday.com.au

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.