INFOGRAFIS: Namanya Kotak Hitam Kok Warnanya Oranye…

Namanya Kotak Hitam Tapi Warnanya Oranye

Dalam setiap tragedi kecelakaan pesawat terbang komersial hal pertama yang menjadi perhatian selain menemukan dan mengevakuasi korban pesawat jatuh adalah pencarian blackbox atau kotak hitam. Kenapa demikian? Apa isi black box atau kotak hitam itu?

Sebenarnya blackbox hanyalah istilah, nama aslinya adalah Flight Data Recorder (FDR) atau Accident Data Recorder (ADR). Karena ada dua alat perekam, sering juga disebut black boxes.

Untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat, blackbox dimasukkan ke dalam kotak baja kuat. Hingga ribuan kali gaya gravitasi, blackbox mampu bertahan di laut pada kedalaman 14.000 – 20.000 kaki (4,270 m-6.096 m).
Data-data terakhir sebelum terjadi kecelakaan terekam dalam kotak hitam ini. Sehingga dapat membantu penyelidikan terhadap apa yang menjadi penyebab kecelakaan. Itulah mengapa black box paling dicari di setiap kecelakaan pesawat.

Teknologi Blackbox Masa Depan, Mengapung & Tahan Lebih Lama

Terlepas dari itu, ada satu hal unik yang membuat kita bertanya-tanya. Kotak yang terkenal dengan sebutan blackbox itu ternyata tidak berwarna hitam, melainkan berwarna oranye.

Sebenarnya, warna hitam dalam istilah blackbox itu untuk mengungkapkan makna sesuatu yang mengandung misteri. Kotak yang menyimpan misteri tersembunyi untuk mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan. Itulah kenapa disebut blackbox alias kotak hitam. Kenapa warnanya oranye? Ini dimaksudkan agar memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Biasanya black box ditempatkan di badan pesawat pada bagian yang tidak mudah rusak dan terlindung dengan baik. Posisinya tergantung dari konstruksi pesawat. Biasanya di bagian tengah atau bagian belakang dekat roda pesawat.

Alat perekam memiliki sistem sinyal darurat berupa sinyal “ping” yang bisa digunakan untuk mendeteksi lokasinya. Jika tenggelam di air, sinyal segera dikirim secara otomatis sampai 30 hari, tergantung kapasitas baterai. Biasanya para ahli memperhitungkan waktu 6-10 hari sampai baterai melemah.

Untuk mendeteksi posisi blackbox di bawah air, tim pencari bisa menggunakan bantuan mikrofon bawah air dan detektor sonar. Dalam beberapa kasus kecelakaan pesawat, kotak hitam baru ditemukan beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun kemudian. Berikut infografis seluk beluk kotak hitam untuk Anda.

Kotak Hitam Tapi Warnanya Oranye
Klik pada gambar untuk memperbesar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.