Mimpi Wi-Fi Super Cepat di Pesawat Eropa? Tunggu 2017

Ilustrasi wifi
Ilustrasi wifi

“Eksekutif Inmarsat menyebutkan kecepatan wi-fi di Eropa akan lebih cepat daripada yang ditawarkan oleh Gogo yang sudah dipakai maskapai di Amerika Serikat.”

Perusahaan satelit Inggris, Inmarsat dan Deutsche Telekom bekerjasama untuk mewujudkan wi-fi berkcepatan tinggi untuk penumpang pesawat terbang di Eropa.

Kedua perusahaan menyatakan telah bergabung dengan jaringan masing-masing dan satelit untuk meluncurkan Eropa Aviation Network. Jaringan ini nantinya akan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi untuk penerbangan jarak pendek dan jarak menengah di seluruh Eropa.

Inmarsat nantinya akan mengandalkan jaringan spektrum 30MHZ (2×15 MHZ) yang memungkinkan mencakup 28 negara di Uni Eropa. Adapun Deutsche Telekom akan memanfaatkan 300 situs LTE khusus yang telah dimodifikasi.

Jangkauannya hingga mencapai 80 kilometer dan bisa digunakan untuk pesawat dengan ketinggian 10.000 kaki.

Invovasi ini disambut positif oleh sejumlah maskapai. Lufthansa, maskapai nomor satu di Jerman bahkan telah menandatangani kontrak untuk menguji sistem jaringan baru tersebut.

Namun penumpang masih harus bersabar. Sebab Lufthansa baru akan menguji coba sistem baru tersebut pada 2017.

Kepala eksekutif Lufthansa Carsten Spohr, mengatakan jaringan baru ini akan memanjakan penumpang sehingga mereka bisa berselancar seperti saat dirumah.

“Eksekutif Inmarsat menyebutkan kecepatan wi-fi di Eropa akan lebih cepat daripada yang ditawarkan oleh Gogo yang sudah dipakai maskapai di Amerika Serikat,” kata Carsten seperti dikutip USA Today, awal Januari lalu.

Carsten menambahkan, biaya untuk menggunakan Wi-Fi pada penerbangan Lufthansa belum ditentukan. Namun kemungkinan akan disesuaikaan dengan harga tiket dan kelas kabin yang dipilih penumpang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.