Merasa Dikekang Amerika Serikat, Qatar Airways Ancam Keluar dari Oneworld

    “Kami tidak berharap diganggu oleh siapa pun. Kami juga tidak mentolerir situasi dimana kondisi tidak lagi kondusif untuk hubungan bisnis yang adil dan saling menghormati.”

    Qatar Airways menyatakan bisa saja keluar dari aliansi Oneworld dan membentuk aliansi sendiri. Pernyataan Qatar Airways ini menyikapai sikap Amerika Serikat yang mengekang pertumbuhan maskapai asal Teluk.

    Aliansi Oneworld adalah organisasi penerbangan yang beranggotakan 15 maskapai di dunia. Selain Qatar Airways (bergabung sejak 2013), maskapai asal AS, American Airlines juga menjadi anggota. American Airlines bahkan terus mendorong pemerintah AS untuk mengantisipasi ekspansi maskapai Teluk ke AS.

    “Kami tidak berharap diganggu oleh siapa pun. Kami juga tidak mentolerir situasi dimana kondisi tidak lagi kondusif untuk hubungan bisnis yang adil dan saling menghormati,” kata Kepala Eksekutif Qatar Airways, Akbar Al Baker katanya di Los Angeles seperti dikutip The National Business, Kamis (14/1/2016).

    “Jika Amerika tidak ingin bekerja sama dengan kami, kami akan berkonsultasi dengan orang lain dan kami bisa membentuk mini aliansi sendiri jika kami ingin,” katanya menambahkan.

    Qatar Airways kini memiliki rute dari Doha ke New York, Washington, Philadelphia, Miami, Dallas dan Houston, serta Los Angeles. Dan dalam waktu dekat akan segera membuka rute baru ke Boston dan Atlanta.

    Operator penerbangan AS, Delta Airlines dan United Airlines menuding trio maskapai Teluk, Qatar Airways, Emirates dan Etihad memperolah dana ilegal sekitar US$42 miliar untuk pengembangan usaha. Ketiganya juga dituding ini mengubah perjanjian lalu lintas udara agar direvisi. Ketiga maskapai asal Teluk membantah tudingan tersebut.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.