Banyak Maskapai Disebut Tak Aman, Indonesia Berang

    Pemerintah Indonesia meragukan penilaian airlineratings.com yang menyatakan kebanyakan maskapai paling tidak aman di dunia ada di Indonesia. JA Barata, Kepala Humas Kementerian Perhubungan, mengatakan pemeringkatan dari lembaga tersebut tidak akurat.

    Airlineratings.com mengeluarkan data survei terbaru soal maskapai paling tidak aman atau terburuk dunia di 2016 ini. Survei ini dilakukan dengan memeriksa badan penerbangan pemerintah tiap negara serta asosiasi yang memimpin.

    Dari hasil survei, 9 dari 10 maskapai penerbangan paling tidak aman di dunia ada di Indonesia. Hanya satu dari negara lain yaitu maskapai Bluewings Airlines dari Suriname.

    Situs ini melakukan survei kemananan di 407 penerbangan. Mereka juga memberi bintang tujuh untuk maskapai paling aman, dan terdapat 148 maskapai yang memperoleh nilai atas. Sementara, hampir 50 maskapai mendapat tiga bintang atau kurang. Maskapai paling aman di dunia adalah Qantas.

    Asosiasi Maskapai Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Transport Association (INACA) mengkritik pemeringkatan yang dilakukan airlineratings.com.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.