Mendarat di Runaway Salah, Italia Selidiki EasyJet

0

Otoritas penerbangan Italia meluncurkan penyelidikan setelah pesawat easyJet mendarat di landasan yang salah di bandara Pisa, Italia. Penerbangan EZY1847 dari Manchester mendarat di landasan pacu tertutup yang digunakan untuk jet penumpang taxi ke atau dari lapangan terbang yang berdekatan. Airbus A319-100 diberi izin untuk mendarat di landasan 04L tapi justru mendarat di landasan pacu 04R.

Badan Nasional Keselamatan Penerbangan Italia sebagaimana dikutip Daily Mail Sabtu 1 Januari 2016 mengatakan dalam sebuah pernyataan sedang menyelidiki kejadian yang terjadi pada Rabu 30 Desember 2015 lalu.

Sebagaimana dikutip Flightglobal, landasan pacu itu telah ditutup seminggu sebelum kejadian, dengan NOTAM (notice to airmen) 23 Desember menginformasikan landasan itu hanya digunakan sebagai taxiway saja. Flightglobal mengatakan kondisi cuaca dan jarak pandang baik ketika EasyJet mendarat.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara easyJet mengatakan “EasyJet dapat mengkonfirmasi bahwa penerbangan EZY1847 dari Manchester mendarat di landasan pacu 04R bukan 04L yang merupakan landasan operasional pada saat itu. Pesawat mendarat dengan selamat. Keselamatan penumpang dan awak kami adalah prioritas tertinggi maskapai.”

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.