Daripada Tabrak Drones, Pesawat Lebih Sering Hantam Kura-Kura

Pesawat Lebih Sering Hantam Kura-Kura

Kura-kura ternyata lebih berbahaya untuk pesawat terbang ketimbang pesawat tanpa awal alias drones.
Eli Dourado, peneliti di Mercatus Center di George Mason University, Amerika Serikat, mengumpulkan data tentang kecelakaan yang menimpa binatang liar untuk mengungkapkan betapa berbahayanya pesawat terbang untuk kura-kura. Hasil penelitian Eli Dourado menunjukkan selama 1 Januari 1990 sampai 31 Juli 2015, pesawat terbang sudah 198 kali bertabrakan dengan kura-kura, 112 tabrakan terjadi setelah 2010.
Sementara itu, dalam kurun waktu yang sama, tidak ada satu pun pesawat yang menabrak drones, meskipun dalam beberapa peristiwa, ada pesawat yang nyaris bertumbukan dengan drones.
“Saya memilih kura-kura sebagai objek penelitian karena mereka lucu. Anda tidak akan berpikir kura-kura merupakan ancaman bagi pesawat terbang, dan mereka sebenarnya memang bukan ancaman. Namun, jika kita membandingkan 198 kali pesawat menabrak kura-kura dan tak sekalipun pesawat menghantam drones, barangkali kita terlalu khawatir dengan kemungkinan tabrakan antara pesawat dengan drones,” ujar dia kepada Popular Science.
Meski demikian, penelitian itu sebenarnya tak sepenuhnya menggambarkan kenyataan yang ada. Dourado yakin tingginya jumlah kura-kura yang menjadi korban pesawat terbang setelah 2010 lantaran banyaknya laporan warga Amerika Serikat melalui online yang sulit diverifikasi. Perbandingan tingkat bahaya drones dengan kura-kura juga agak menyesatkan jika ditelan mentah-mentah. Reptil kecil itu menjadi korban umumnya karena pesawat jatuh atau ketika pesawat lepas landas maupun mendarat. Ingat, kura-kura tak bisa terbang dan hanya mampu merangkak di tanah dengan kecepatan yang jauh lebih lamban daripada ayam. Kura-kura tak mungkin berbenturan dengan pesawat di ketinggian. Sementara, drones mengudara karena dikendalikan menggunakan remote. Si pemegang remote tak sepenuhnya tahu kondisi di udara. Jadi, di ketinggian, bisa dipastikan kura-kura tak mungkin menghambat penerbangan, sementara potensi tumbukan pesawat tanpa awak dengan pesawat komersial sangat mungkin terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.