Tinggalkan Tenaga Manual, Airbus Siapkan Robot “Pengelas” Canggih

Airbus Siapkan Robot Pengelas Canggih
Airbus Siapkan Robot Pengelas Canggih

Proses manufaktur pesawat terbang Airbus terus dikembangkan. Salah satu inovasi terbaru adalah penggunaan robot pengelas super canggih. Robot tersebut kini sedang dikembangkan di markas Airbus di Saint Eloi, Touluse, Prancis.

Seperti dikutip Airbus.com, pengembangan robot ini merupakan hasil kerjasama Airbus dengan l’Institut de Soudure. Prinsip pengembangannya memanfaatkan model matematika dan algoritma. Model matematika untuk menentukan intensitas pengelasan yang optimal sementara Algoritma untuk memperhitungkan ketebalan masing-masing bagian yang akan digabung dan dilas.

Program matematika dan algoritma tersebut kemudian masuk ke sistem data. Sistem data inilah yang kemudian menggerakkan robot untuk mengelas sesuai dengan input data.

Dari serangkaian proses ini, robot akan bekerja mengelas di semua bagian sesuai dengan perintah. Robot akan bergerak sesuai dengan profil atau jalur perintah. Robot ini juga dilengkapi dengan kamera laser.

Teknologi ini bagi Airbus adalah terobosan baru. Sebab selama ini untuk mengelas bagian bagin pesawat dan menggabungkan bagian bagian vital dan detail masih mengandalkan tenaga manual.

Penggunaan robot pengelas ini diharapkan mampu menghemat waktu pengelasan dengan hasil yang sangat berkualitas dan konsisten di setiap pengerjaan pengelasan. Rencananya, robot ini akan dipakai untuk mengelas pesawat A380, A350 dan struktur A330neo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.