NASA Rancang Pesawat Bermesin Lebih Tenang

0

Biro antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan, sebuah jet penumpang supersonik yang baru akan segera lahir. Jet ini memiliki suara mesin yang lebih tenang, tidak akan ada suara meledak-ledak seperti suara yang selama ini terdengar dari mesin di landasan pacu. NASA mengembangkan teknologi ini bersama Lockheed Martin, yang berlaku sebagai kontraktor utama.

NASA mendeklarasikan sebuah “tonggak sejarah yang signifikan” pada hari Jumat, 30 Juni 2017 lalu dengan selesainya tinjauan desain awal untuk pesawat Low-Boom Flight Demonstration X-plane atau yang disingkat sebagai LBFD. Desain awal LBFD awal, yang dikenal sebagai Quiet Supersonic Technology atau QueSST, dirancang dengan peran besar dari pelaku industri penerbangan ternama, Lockheed Martin. Termasuk di dalam perencanaan ini adalah upaya QueSST untuk berkomunikasi dengan seluruh komunitas penerbangan dan regulator terkait, agar bisa mengatasi berbagai aturan dan batasan yang telah ditetapkan.

Setelah desain awal QueSST disetujui, NASA dan Lockheed Martin akan terus menyempurnakannya berdasarkan hasil kinerja tambahan dan uji terowongan angin. Kemudian NASA akan mengumpulkan proposal untuk membangun pesawat bermesin tunggal yang diujicobakan.

Meskipun Lockheed Martin telah menjadi kontraktor utama untuk tahap perancangan awal, kontrak lanjutan akan diberikan dalam kompetisi terbuka. Kontrak akan diberikan awal tahun depan, dengan tes penerbangan dijadwalkan dimulai pada awal 2021.

Advertisement
Facebook Comments