Performa Internet Pesawat akan Melonjak

Lain kali saat Anda mau naik pesawat terbang, jangan repot-repot mengunduh episode serial televisi favorit sebelumnya. Kini, Anda dapat mengakses konten tersebut dan juga memeriksa email, main fesbuk nonton yuotube dari tempat duduk Anda di pesawat.

Internet di pesawat kini semakin umum. Memang belum begitu memuaskan seperti di darat. Tetapi perusahaan penyedianya terus berinovasi. Dalam setahun ke depan, sambungan internet di pesawat selama penerbangan akan sangat baik. Bahkan mungkin lebih baik dari rata-rata sambungan di darat di berbagai negara.

Salah satu penyedia koneksi terkemuka yang menggunakan layanan satelit adalah perusahaan Yahsat, anak perusahaan Mubadala Development Company.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa layanannya akan menawarkan konektivitas dalam penerbangan yang akan memungkinkan penumpang untuk memiliki pengalaman browsing dalam pesawat yang serupa dengan layanan yang tersedia di rumah atau kantor mereka. Layanan ini termasuk akses ke konten streaming, media sosial, aplikasi belanja dan olahpesan online.

Janji tersebut muncul setelah ada kemitraan antara Yahsat, Etihad Airways Engineering, Hughes Network System, dan Carlisle Interconnect. Sebagai bagian dari kemitraan tersebut, Yahsat berhasil menguji 50 megabits koneksi internet kedua di Airbus A320.

Etihad Airways sendiri menunjukkan konektivitas penerbangan di pesawat Airbus A320 di Dubai Air Show berlangsung dari 12-16 November lalu.

Tapi bukan hanya Etihad Airways, dikatakan Yahsat pihaknya berencana untuk melakukan langkah-langkah di tahun depan untuk meluncurkan solusi internet ke maskapai penerbangan komersial di Timur Tengah dan sekitarnya.

“Kemitraan ini akan memungkinkan kita untuk membangun infrastruktur yang diperlukan agar penumpang tetap terhubung dengan nyaman di udara melalui konektivitas in-flight terbaru dan paling maju. Kami percaya bahwa bersama-sama kita akan menetapkan tolok ukur untuk WiFi berkecepatan tinggi di udara,” kata Saleem Al Blooshi, dari perusahaan itu.

Jadi, tenang saja. Internet pesawat akan semakin cepat tahun depan. Mungkin masih relatif mahal, tetapi seiring waktu akan ada inovasi untuk menekan harganya tanpa mengurangi kualitas.