Inilah Bandara Paling Sering Jadi Langganan Pesawat Mendarat Darurat

Mendarat darurat adalah hal yang sering dilakukan oleh sebuah pesawat. Tidak selalu karena ada masalah teknis, tetapi bisa karena hal lain seperti ada penumpang aneh, penumpang marah, sakit dan sebagainya.

Setiap melakukan penerbangan, pesawat selalu memiliki skenario ketika mereka harus melakukan pendaratan darurat.

Hal ini penting ketika terjadi masalah di udara, mereka bisa segera membuat keputusan penting. Skenario itu juga telah diketahui oleh bandara sehingga proses perizinan pendaratan tidak akan rumit.

Ada beberapa bandara di dunia ini yang paling sering menjadi langganan pesawat untuk melakukan pendaratan darurat. Apa saja? Berikut di antaranya:

  1. Bandara Henderson Field, Midway Island, Amerika Serikat

Bandara ini berada di sebuah pulau kecil yang tak terhubung langsung dengan negara Amerika Serikat. Sayangnya, pemerintah setempat hanya mengizinkan pendaratan darurat dari bulan November sampai Juni 2017 mendatang dikarenakan dapat mengancam keberadaan habitat burung Albatros yang mendiami daerah ini. Bandara ini sangat penting karena kesulitan menempuh daerah Pasifik.

  1. Bandara Internasional Mataveri, Easter Island, Chili

Bandara yang lebih dikenal sebagai bandara pemilki 887 patung Moai sebagai monumen nasional ini juga terkenal sering dijadikan landasan pemberhentian darurat pesawat yang bermasalah ketika berpergian ke Amerika Selatan dan Pasifik Barat.

Landasan pesawat di bandara ini memiliki panjang 3,3 km yang nampak seperti membagi pulau menjadi dua  bagian.

  1. Bandara Internasional Ted Stevens Anchorage, Alaska, Amerika Serikat

 

Bandara ini berada di rute terbang  yang menghubungkan Amerika Utara dengan Rusia. Bandara ini tempat yang sangat strategis untuk dijadikan landasan pemerhentian setiap pesawat yang lewat.

  1. Bandara Tenerife North, Tenerife, Spanyol

Sebelumnya,  dikenal dengan sebagai Los Rodeo Airport yang pernah menjadi tempat kecelakaan terburuk dalam sejarah penerbangan di Dunia.

Sekitar 40 tahun lalu, dua pesawat yang mendarat di bandara ini saling bertabrakan dan menewaskan 583 penumpangnya.

  1. Bandara Shannon, Irlandia

Berada di wilayah pantai barat Irlandia, bandara yang satu ini menjadi lokasi yang strategis untuk menghadapi keadaan darurat pesawat-pesawat yang bermasalah selama proses penerbangan. Bandara ini juga terikat dengan sejarah militer di Amerika dan juga Uni Soviet.

NEXT