Terlalu Paksakan P-51 Mustang Jadi Penyebab Tewasnya Eks Presiden Sikorsy  

Kecelakaan pesawat tempur tua  P-51 Mustang yang menewaskan eks presiden Sikorsky, Jeffrey Pino mulai terungkap penyebabnya. Pino diduga terlalu memaksakan pesawat era Perang Dunia II itu untuk bermanuver di luar batas kemampuannya.

Hal tersebut terungkap dalam laporan Dewan Keselamatan Transportasi Amerika terkait kecelakaan yang terjadi pada Februari 2016 tersebut.

Pino, 61, yang menjabat sebagai presiden perusahaan helikopter yang berbasis di Connecticut selama enam tahun sampai pensiun pada tahun 2012, terbang bersama rekan pilot dan teman Nick Tramontano di P-51 yang dipulihkan dan dijuluki “Big Beautiful Doll,” di dekat Maricopa , Arizona.

Saksi mata mengatakan mereka melihat pesawat melakukan sebuah lingkaran dan kemudian turun ke bawah.

Richard Terry Brown, seorang pilot swasta di Arizona, mengatakan bahwa dia melihat pesawat tersebut melakukan manuver akrobatik yang dia gambarkan sebagai “lingkaran biasa.” Pesawat tidak pernah keluar dari tikungan. Brown adalah satu dari tiga pria yang memberi laporan serupa pada menit-menit terakhir P-51 terbang.

Analisis NTSB terhadap radar surveilans bandara, mengemukakan dalam beberapa menit sebelum kecelakaan, pesawat tersebut naik selama 14 detik dengan kecepatan setinggi 8.000 kaki per menit.

Dalam buku panduan penerbangan untuk mesin tunggal 51D, yang ditulis untuk pilot Angkatan Udara Amerika yang akan menerbangkan pesawat ini memperingatkan pilot untuk tidak melakukan pull up yang diperlukan untuk loop, dengan membawa lebih banyak dari 25 galon bahan bakar atau sekitar 150 pon di tangki pesawat.  Ini menciptakan kondisi ekor berat yang bisa menyebabkan pembalikan gaya penggerak kendali.

Di dalam pesawat Pino, tangki memang tidak ada tetapi diganti dengan kursi kedua yang diduduki Tramontano, yang beratnya lebih dari 150 kilogram. Selain pembatasan pull up mendadak, akrobat dilarang dengan berat apapun di dalam tangki.

Nick Tramontano

Pino  adalah pilot berpengalaman dengan 6,700 jam waktu terbang dengan helikopter dan pesawat terbang sayap tetap, tetapi dia dilaporkan baru mengenal P-51, setelah membeli pesawat tersebut dua tahun sebelumnya. Sementara Tramontano yang berusia 73 tahun, memiliki 26.000 jam di buku lognya.

Laporan tersebut mengatakan bahwa pesawat itu dimiliki  dan dioperasikan oleh Pino, namun, masing-masing kursi memiliki kontrol penerbangan kerja. Seorang juru bicara NTSB mengatakan pada hari Senin 1 November 2017 , “tidak mungkin bagi kita untuk secara pasti menentukan siapa yang memanipulasi kontrol.”