Nabrak Burung, Virgin Putar Balik

    Sebuah penerbangan Virgin terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Melbourne Jumat pagi ini setelah pesawat menabrak seekor burung tidak lama setelah lepas landas.

    Penerbangan VA319 baru saja memulai perjalanannya ke Brisbane setelah pukul 09:00 waktu setempat ketika pilot tersebut melaporkan masalah dengan mesin pesawat dan segera kembali ke Melbourne.

    “Setelah mencurigai adanya serangan burung, pilot tersebut memutuskan untuk kembali ke Melbourne, dan pesawat mendarat dengan selamat. Kami melayani semua penumpang yang terkena dampak dalam perjalanan ke Brisbane sesegera mungkin,” kata juru bicara Virgin Australia.

    Pesawat dengan aman mendarat di bandara beberapa saat sebelum pukul 10 pagi, dengan mobil kedaruratan bergegas mengikutinya di landasan. Tim bandara kemudian melakukan pemeriksaan menyeluruh mencari sisa-sisa tabrakan burung di seluruh landasan, sebelum membuka kembali landasan pacu. Seperti diketahui, benda kecil tajam di landasan bisa sangat berbahaya bagi pesawat.

    Juru bicara Bandara Melbourne mengatakan, pesawat tersebut telah menabrak seekor burung saat lepas landas menggunakan landasan pacu timur bandara. Pesawat kembali ke bandara dan mendarat dengan selamat pada pukul 9.45. Penumpang turun tak lama setelah jam 10 pagi dan sebagai bagian dari prosedur operasi standar, landasan timur timur segera ditutup oleh pihak bandara.

    “Kami melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap landasan pacu untuk memeriksa adanya puing-puing dari insiden tersebut dan memastikan landasan pacu tersebut bersih dari puing-puing sebelum dibuka kembali,” kata juru bicara bandara.

    Penumpang di penerbangan lain melaporkan penundaan sebentar untuk penerbangan mereka sementara landasan pacu ditutup, namun semua penerbangan diyakini kembali sesuai jadwal. Juru bicara Virgin Australia mengatakan, maskapai tersebut mengatur mengatur perjalanan baru bagi penumpang.