Ancaman Terorisme di Dunia Penerbangan Nyata

    0

    Teroris yang berhasil menyerang pesawat terbang tetap merupakan sebuah kemungkinan yang bisa terjadi. Organisasi seperti Daesh dan Al Qaida menghadirkan ancaman abadi terhadap industri penerbangan. Demikian paparan sejumlah ahli dalam konferensi mengenai keamanan penerbangan di Dubai beberapa hari lalu.

    “Meskipun kami melakukan upaya yang terbaik, sebuah serangan bisa saja tetap sukses dilakukan. Aviation adalah sasaran yang ikonik dan berdampak, yang menyediakan semacam platform yang dicari teroris. Ini adalah pertarungan yang hanya bisa kita menangkan dengan menggunakan kecerdasan dan sumber daya bersama-sama,” kata Lord Callanan, Menteri Penerbangan Inggris.

    Dalam konferensi global keamanan penerbangan di Dubai itu, Callanan menambahkan bahwa ada kebutuhan untuk berinvestasi dalam penelitian dan teknologi baru agar penerbangan bisa selangkah lebih maju dari ancaman apapun.

    Dilaporkan oleh Gulf News, Callanan menunjuk bahwa ancaman sebesar ini juga memerlukan budaya keamanan yang kuat di setiap tahap perjalanan penumpang dan di setiap bandara.

    Advertisement

    “Teroris akan terus mengembangkan perangkat untuk menghindari pendeteksian di tempat pemeriksaan keamanan bandara. Oleh karena itu, tindakan pengamanan yang ingin kami terapkan sangat penting. Pemeriksaan keamanan bandara tidak lagi menjadi rutinitas yang menyenangkan. Pemeriksaan ketat harus dilakukan, tanpa itu kita membiarkan diri kita rentan,” kata Callanan.

    Juga berbicara di konferensi tersebut adalah Tim Clark, presiden maskapai Emirates, yang mengatakan bahwa industri penerbangan harus terus berkembang dalam cara-cara menerapkan langkah keamanan.

    Dia menambahkan bahwa panduan pemeriksaan tradisional yang terbatas pada senjata api, penjaga, dan gerbang tidak lagi memadai. “Saya mengacu tidak hanya pada perubahan lanskap risiko dan ancaman keamanan, tapi juga revisi peraturan dan kontrol konstan, keterbatasan infrastruktur di banyak sistem penerbangan, dan juga, harapan penumpang yang meningkat untuk pengalaman terbang yang nyaman,” kata Clark.

    Dia menambahkan bahwa keamanan penerbangan, jika diterapkan dengan baik, dapat memiliki dampak positif yang luar biasa pada indikator operasional dan komersial maskapai penerbangan.

    Advertisement
    Facebook Comments
    SHARE