CS300 Makin Ramah Lingkungan

Produsen pesawat Bombardier Commercial Aircraft mengumumkan bahwa produk pesawat mereka, CS300 mendeklarasikan Environmental Product Declaration (EPD). Berita ini diumumkan satu tahun setelah pesawat CS100 menerima sertifikasi yang sama. Tidak ada produsen pesawat terbang lainnya yang mengungkapkan dampak lingkungan dari produk mereka secara keseluruhan.

“Di Bombardier, kami percaya pada tindakan dan transparansi yang nyata dalam menciptakan pertumbuhan yang lebih berkelanjutan di industri penerbangan,” kata Fred Cromer, Presiden Bombardier Commercial Aircraft.

Sejauh ini memang belum ada produsen pesawat lain yang seterbuka Bombardier dalam kaitan dengan EPD. Transparansi semacam ini akan memberikan informasi lengkap tentang kinerja pesawat CS300 terkait lingkungan. Jadi, pembeli pesawat ini akan tahu betul seberapa besar CS300 ramah terhadap lingkungan dan bagaimana itu dicapai.

“Penerbitan EPD ini untuk pesawat CS300 menggarisbawahi komitmen Bombardier untuk pasar pesawat inovatif dan berkelanjutan yang memenuhi dan melampaui harapan pelanggan,” kata François Caza, Wakil Presiden, Pengembangan Produk dan Chief Engineer, Product Development Engineering, Aerospace.

Tim Eco Design Bombardier memang mempertimbangkan aspek desain dan pembuatan pesawat serta faktor pemulihan pada akhir masa manfaat untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan. Sebagai hasilnya, pesawat Seri C telah sepenuhnya memenuhi standar emisi CO2 ICAO yang baru, yang diadopsi oleh Dewan ICAO beranggotakan 36 negara pada Maret lalu.

“Kami senang melihat Bombardier terus mempelopori penggunaan EPD di industri pesawat terbang. Kami berharap juga orang lain bisa mengikuti teladan mereka. Deklarasi transparansi kinerja lingkungan berkontribusi untuk memperbaiki kinerja lingkungan sektor ini, “kata Elin Eriksson, Ketua EPD International AB.

EPD didasarkan pada data Life Cycle Analysis (LCA) yang terverifikasi. Data ini mengungkapkan informasi tentang dampak lingkungan daur hidup produk. Dengan demikian bisa memberikan dasar perbandingan produk yang adil terhadap kinerja lingkungan mereka. Tahun lalu, Bombardier memilih pesawat CS100 untuk EPD yang pertama, dan tahun ini, Bombardier CS300.

Pesawat Seri C memiliki efisiensi bahan bakar yang tak tertandingi, hanya dua liter bahan bakar per 100 km per penumpang. Ini berarti bahwa selama masa operasionalnya, setiap pesawat Seri C diharapkan dapat mengurangi jumlah emisi karbon dioksida yang dilepaskan ke atmosfer hingga 120.000 ton dibandingkan dengan pesawat berukuran terdekat lainnya.

Kemampuan itu setara dengan apa yang dikeluarkan 32.000 mobil ukuran sedang selama setahun. Pesawat Seri C diproduksi oleh C Series Aircraft Limited Partnership, sebuah afiliasi dari Bombardier Commercial Aircraft Bombardier Inc.