Bombardier Catat Pesanan Terbesar Turboprop

    Bombardier Commercial Aircraft mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan sebuah kesepakatan pembelian dengan SpiceJet Limited (SpiceJet) dari Gurgaon, India. Maskapai itu telah memesah 50 pesawat turboprop Q400. Angka ini adalah pesanan terbesar untuk seri turboprop Q400.

    Dengan tambahan pesanan 50 buah pesawat ini, Bombardier telah mampu menjual total 600 pesawat seri Q400. Setelah dikirim nanti, SpiceJet akan menjadi maskapai pertama di dunia yang mengoperasikan turboprop 90 kursi, meski harus menunggu sertifikasi oleh pihak berwenang.

    Perjanjian pembelian ini mencakup 25 buah pesawat Q400 turboprop dan hak pembelian pada 25 pesawat tambahan. Berdasarkan daftar harga, pesanan tersebut bernilai hingga 1,7 miliar dollar AS.

    “Kami sangat bangga dengan kesepakatan bersama SpiceJet, karena ini merupakan menunjukkan keunikan dan keunggulan Q400. Pesanan ini tidak hanya akan meningkatkan armada pesawat Q400 di pasar regional yang berkembang pesat di India dan di kawasan Asia Pasifik, namun juga akan menjadi tonggak model 90 kursi dengan kepadatan tinggi,”  kata Fred Cromer, Presiden, Bombardier Commercial Aircraft

    Pesanan ini juga menguatkan data bahwa kebutuhan kapasitas penerbangan di rute regional dengan jumlah penumpang sekitar 100 per pesawat cukup tinggi. Pesawat jenis turboprop memiliki potensi profitabilitas lebih baik untuk rute-rute pendek.

    SpiceJet sendiri terbantu dengan pesawat turboprop karena dengan begitu mereka mampu meningkatkan konektivitas ke kota-kota kecil di India. “SpiceJet mengoperasikan armada regional terbesar di India dan selalu percaya pada pertumbuhan kota-kota kecil di India. Kami telah bekerja keras selama bertahun-tahun untuk menempatkan kota-kota kecil ini di peta penerbangan dan akan berusaha untuk menjaga agar momentum berlanjut di masa yang akan datang,” kata Ajay Singh, Chairman and Managing Director, SpiceJet.

    Sejak 2010, SpiceJet telah menerima pengiriman 15 pesawat Q400 baru. Maskapai ini kini mengoperasikan 20 pesawat Q400 dalam konfigurasi 78 kursi ke tujuan domestik dan internasional. Ekspansi armada ini akan memberi SpiceJet kemampuan untuk tumbuh secara menguntungkan dan meningkatkan perkiraan permintaan yang kuat di pasar penerbangan regional dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

    Turboprop Q Series Bombardier dan jet regional Seri CRJ telah membuat kemajuan signifikan di wilayah Australasia dimana sekitar 380 pesawat, termasuk lebih dari 240 turboprop Q Series, beroperasi di bawah 45 operator.

    Jaringan pendukung pelanggan Bombardier untuk pesawat komersial di kawasan Asia Pasifik mencakup Kantor Dukungan Regional di Gurgaon (India), Tokyo (Jepang), Sydney (Australia), Shanghai (China) dan Singapura (Singapura)

    Ada pula Parts Services Depots di Sydney (Australia), Tianjin (China), Narita (Jepang) dan Singapura (Singapura). Jaringan ini juga mencakup tiga Fasilitas Pelayanan Resmi yang strategis, yaitu GMR Aero Technic di Hyderabad (India), STAECO di Jinan (China) dan Hawker Pacific di Cairns (Australia).