British Airways Jadi Pionir Pemakaian Mototok

British Airways telah menjadi maskapai penerbangan pertama di seluruh dunia yang memperkenalkan perangkat remote control berteknologi tinggi untuk mendorong pesawat terbang melintas dalam jarak pendek. Pesawat yang akan parkir maupun bersiap take off, didorong menggunakan alat baru ini, dan bukan lagi kendaraan yang dikemudikan staff.

Maskapai ini memodernisasi operasinya untuk mempertahankan dan memperbaiki ketepatan waktu demi penumpangnya. Dalam kemitraan dengan Heathrow, mesin bernama Mototok yang ramah lingkungan akan memungkinkan staf British Airways mempersiapkan pesawat untuk keberangkatan dengan lebih efisien.

Peralatan ini biasanya digunakan untuk memindahkan pesawat terbang di fasilitas milik Airbus. Kini dibawa ke bandara untuk menggantikan kendaraan penarik yang biasa dipakai. Dengan alat ini, satu staf dapat mengoperasionalkan untuk mendorong pesawat terbang dari jarak jauh.

Alat ini bebas emisi dan mampu menggerakkan pesawat dengan presisi. Lima Mototok saat ini beroperasi di Terminal 5 Bandara Heathrow. Semua alat diintegrasikan ke dalam operasi sejak bulan Agustus, dan lebih dari 100.000 penumpang telah merasakan manfaatnya.

“British Airways adalah maskapai penerbangan jarak pendek yang paling tepat waktu di London. Pengenalan Mototok akan membantu kita untuk tetap berada di puncak klasemen dan menjaga agar penerbangan kita berangkat tepat waktu. Langkah besar untuk memodernisasi operasi kami adalah yang pertama di industri penerbangan, dan merupakan bagian dari investasi yang lebih luas dalam teknologi baru yang akan meningkatkan pengalaman yang dimiliki pelanggan kami,” kata Klaus Goersch, Chief Operating Officer British Airways.

British Airways berencana untuk meluncurkan Mototok melalui operasi jarak pendeknya pada akhir tahun, dan sedang menjajaki kemungkinan untuk mengenalkan teknologi tersebut untuk mendorong pesawat jarak jauh di masa depan. Baterai listrik Mototok dapat beroperasi hingga tiga hari, dan titik pengisian akan dipasang di 25 tempat di T5 Heathrow.