Mesin Pesawat Rontok, Hujan Besi Panas Terjadi

    Warga sebuah kota kecil di Michigan melaporkan bahwa mendengar benda-benda metal misterius jatuh di rumah mereka pada Minggu lalu. Sebagian keluar rumah, dan menemukan pecahan logam panas jatuh dari langit. Serangan UFO?

    Oooo bukan, tenang saja.

    Rupanya sebuah pesawat milik Spirit Airlines mengalami kegagalan mesin. Baling-baling atau mesin turbinnya rontok dan kemudian jatuh tertiup angin ke daerah Dearborn Heights di Detroit, Michigan. Sementara begitu faktanya menurut Administrasi Penerbangan Federal AS.

    Kok bisa panas? Ya karena baling-baling kan bilahnya berputar sangat kencang ketika mesin pesawat dihidupkan. Gesekan dengan udara meningkatkan suhunya. Ketika kegagalan mesin terjadi dan ada ledakan, bilah yang masih panas itu remuk dan tersebar di langit, lalu jatuh ke pemukiman warga.

    Seorang warga mengatakan bahwa dia mendengar suara kencang lalu melihat dari jendela. Dari jendela itulah dia melihat ada tetangga yang melompat-lompat kesana kemari di halaman rumahnya sendiri. Rupanya, dia melompat kanan kiri karena menghindari hujan besi panas yang menyebar di kawasan perumahan mereka. “Saya pikir dia menemukan uang, ternyata dia menghindari benda-benda yang jatuh,” kata Thomas Champagne, warga Dearborn Heights kepada Fox 2 Detroit.

    Kesaksian penumpang, Jeff Luke mengatakan bahwa penerbangannya dari Detroit ke Atlanta mulai bergetar dan terayun hanya beberapa ratus kaki di udara. Pilot kemudian mengumumkan bahwa pesawat tersebut mengalami masalah dengan mesin. Luke sangat ketakutan dan bahkan sempat mengirim SMS kepada anaknya seolah pamit mau mati. “Saya mengirim SMS kepada anak saya, saya katakan “Saya mencintaimu, saya bangga denganmu”. Orang-orang berpegangan tangan, berdoa, lepas kendali dengan emosinya, tapi Anda tidak bisa menyalahkan mereka,” kata Luke.

    FAA saat ini sedang menyelidiki penyebab kegagalan mesin pesawat itu. Lembaga pemerintah AS itu juga mengirim staf untuk memeriksa kerusakan di Dearborn Heights. Pihak FAA sendiri mengatakan bahwa bagi warga yang mengalami kerusakan pada rumah atau mobilnya, dapat menghubungi perusahaan asuransi yang mewakili Spirit Airlines.