Pesawat Konsep Rusia dan Lompatan Teknologi

Banyak negara sedang mengembangkan drone, atau setidaknya pesawat kecil, baik untuk pertempuran, memata-matai musuh maupun menjatuhkan muatan. Namun Rusia punya arah yang berbeda. Mereka justru menoleh ke teknologi pesawat raksasa supersonik, yang bisa menyerang lokasi musuh dimanapun.

Pesawat konseptual ini sampai sekarang masih disebut sebagai PAK TA. Dibuat untuk membawa pasukan dan tank dengan kecepatan supersonik. Harapannya, sudah bisa sampai ke langit awal tahun 2024. Tetapi beberapa analis mengatakan bahwa tidak mungkin rencana tersebut akan terwujud.

Konsepnya pesawat ini berasal dari Komisi Militer Industri negara tersebut. Desainnya, dibuat oleh manajer teknik di Volga-Dnepr Group. Hasilnya adalah pesawat futuristik yang mirip dengan pesawat luar angkasa dan dilengkapi sebuah lubang besar dan sayap bergerigi.

Pesawat dengan bentuk yang tidak biasa ini diharapkan mampu membawa hingga delapan tank Armata. Tank itu juga masih dalam bentuk konsep, lengkap dengan amunisi ke manapun di dunia dengan kecepatan supersonik. Direncakanan, pesawat akan terbang dengan kecepatan di atas 1.200 mph atau 2.000 km / jam, meskipun membawa muatan sampai 200 ton dengan jarak tempuh lebih dari 4.350 mil (7.000 km).

Kecepatannya sebanding dengan jet tempur ringan. Itulah yang menyebabkan beberapa analis mengatakan bahwa rencana tersebut mungkin lebih dari sekadar rencana saja dan bukan sesuatu yang serius. Saat ini yang tercatat, kecepatan tertinggi dari pesawat transport terbesar milik AS  yaitu C-5M Super Galaxy hanya adalah 518 mph atau 834 km perjam. Artinya untuk membuat sebuah pesawat serupa dengan kecepatan lebih dari dua kali lipatnya, akan butuh lompatan teknologi besar.

Program ini juga merencanakan untuk membangun hingga 80 pesawat baru pada 2024. Jika terwujud, Rusia mampu untuk mengirim tentara di manapun di dunia dalam waktu kurang dari tujuh jam. Dengan berkembangnya jaringan pangkalan militer di Timur Tengah, Amerika Latin dan Asia Tenggara, yang diperkirakan akan selesai pada 2024, jelas bahwa Rusia sedang mempersiapkan sebuah konfrontasi militer skala lintas benua.

Proyek PAK TA diperkirakan telah berlangsung selama beberapa tahun dan dirancang untuk menggantikan generasi pengangkutan udara saat ini yaitu pesawat kargo Ilyushin dan Antonov.

https://www.youtube.com/watch?v=0JSpaV7CWwk