Kargo Udara DHL Perkuat Layanan Nordik

DHL, perusahaan kargo dunia, semakin menguatkan perannya di kawasan Nordic dengan meningkatkan layanannya di Bandara Oslo, Norwegia. Layanan baru itu dimulai pada ini, 8 September 2017.

Bandara Oslo ini penting karena merupakan pasar kargo udara terbesar di wilayah Nordik. Tahun ini, bisnis muatan mengalami kenaikan 32%. Bandara ini juga strategis perannya sebagai pusat barang muatan terbesar dan paling dipilih oleh perusahaan kargo di kawasan ini. DHL sendiri menambah rute baru kiriman ke Seoul dan Shanghai khusus dari Bandara Oslo untuk membangun pertumbuhan kapasitas kargo luar negeri yang sudah kuat.

Di Norwegia, DHL memiliki mitra lokal, perusahaan kargo Avinor. Apa muatan utama mereka selama ini? Seafood.

Ya, produk-produk laut adalah salah satu unggulan kawasan ini. Posisinya di utara yang masih bersih dan menghasilkan produk berkualitas bagus, membuat seafood Norwegia menjadi pilihan utama. Avinor menyatakan bahwa mereka bekerja sama dengan DHL Global Forwarding untuk membangun rute baru yang dapat melayani permintaan global untuk makanan laut Norwegia.

“Kerja sama Avinor dengan DHL telah menghasilkan beberapa rute baru seperti Lakselv dan Seoul, meningkatkan daya saing ekspor Seafood Norwegia dan memperkuat posisi Bandara Oslo sebagai pusat kapal barang terkemuka di Nordik,” kata Martin Langaas, Direktur Kargo di Avinor .

Produk seafood Norwegia memang sangat populer di pasar dunia. Karena itu, penting untuk memfasilitasi transportasi internasional yang baik untuk produk ini. Memang telah ada upaya untuk mengangkut makanan laut dari Norwegia Utara ke Asia dalam beberapa waktu terakhir. Namun, tanpa kehadiran raksasa kargo seperti DHL, upaya itu tidak akan maksimal.

Awal tahun ini DHL membuka rute kargo dari Lakselv ke Oslo. Sebuah layanan baru dari Oslo ke Seoul dan Shanghai akan memungkinkan untuk mengangkut makanan laut segar dari Lakselv ke Asia dengan cara yang cepat dan efisien.

DHL sendiri ingin menjadi penyedia logistik makanan laut terkemuka di Norwegia. Karena itu mereka bermitra lokal dengan Avinor. “Kami senang bisa menyajikan layanan lain yang dirancang untuk industri makanan laut. Rute ini akan menghemat waktu pelanggan kami untuk koneksi ke Korea Selatan, Shanghai dan seluruh jaringan global DHL, “kata Henk Venema, Wakil Presiden Senior dan Kepala Global Network Carrier Management di DHL Global Forwarding.

Dengan layanan baru ini, produk makanan laut dari Lakselv bisa diantar ke pasar di Korea Selatan dan China dalam waktu kurang dari 24 jam. Sungguh luar biasa. Akan ada dua penerbangan seminggu pada layanan baru dari Bandara Oslo ke Seoul dan Shanghai, pada hari Selasa dan Jumat, dengan Boeing 747-400.