Black Hawk untuk Pemadam Kebakaran LA

Sikorsky menerima kontrak dari County of Los Angeles untuk membuat dua helikopter S-70i Black Hawk dalam konfigurasi dasar. Black Hawk baru itu akan dikirim pada Desember 2017. Dibandingkan dengan model S-70A, heli S-70i menampilkan bilah rotor lebar untuk daya angkat yang lebih baik, badan pesawat yang lebih kuat, kokpit kaca digital dengan sistem manajemen penerbangan, perekam data suara dan perekaman kokpit. Sistem Manajemen Terintegrasi akan memantau kondisi operasional heli.

Selain pemadam kebakaran udara, helikopter Firehawk juga bisa dipakai untuk keperluan lain seperti, transportasi EMS, pencarian dan penyelamatan (SAR), dan dukungan logistik. “Tidak ada yang sebanding dengan Firehawk. Tidak ada pesawat lain yang melakukan kelima misi semacam itu,” kata Thomas Ewald, kepala pemadam kebakaran Divisi Udara LA County.

Firehawk memang telah berulang kali membuktikan kehandalan dan tenaga besarnya. Heli ini mampu bekerja keras, melaju dengan cepat dan taktis membawa 8.000 pon air berkali-kali dalam sehari. Kemampuannya jauh lebih daripada varian militernya pada operasi normal dengan berat kotor maksimum.

“Helikopter Black Hawk baru dan yang lebih tangguh akan memberikan kemampuan pemadaman kebakaran dan heli multi misi yang paling efektif bagi LA County,” kata Dan Schultz, presiden Sikorsky.

Setelah dimodifikasi, heli ini pada 2018 akan memiliki tambahan tangki air 1.000 galon atau 3.785 liter, landing gearnya diperpanjang, tata letak kokpit pilot tunggal dan interior yang dilengkapi untuk keperluan medis.

Sikorsky memang memproduksi heli dengan kemampuan pemadaman kebakaran, sebagai varian dari heli militer mereka, seperti S-70i Black Hawk ini. Pembeli bebas menentukan varian kemampuan sesuai dengan tujuan pembelian itu sendiri.