Pesawat Spesialis Pemburu Badai

Biasanya, sebuah pesawat menghindari badai. Tapi yang satu ini, justru terbang ke arah badai. Kalau perlu masuk ke dalamnya. Biar terguncang hebat, orang-orang di dalamnya tetap santai.

Itulah pesawat pemburu badai milik NOAA (National Oceanic dan Atmospheric Administration), sebuah biro pemerintah Amerika Serikat yang meneliti kelautan dan atmosfer. Dua hari lalu, mereka mempublikasikan sebuah video ketika mereka berburu topar Irma. Video terbaru, yang dibagikan oleh laman Twitter Hurricane Hunters milik NOAA itu menunjukkan bahwa pesawat tersebut terbang ke badai Samudera Atlantik yang paling kuat yang tercatat dalam sejarah.

Rekaman tersebut menggambarkan hujan yang begitu deras di jendela pesawat sementara angin kencang terdengar. Peralatan di dalam pesawat terguncang hebat, namun para pilot dan staf terlihat santai di sekitar kokpit. Ada beberapa rekaman yang sudah dipublikasikan. Diantaranya adalah video dengan judul: “Video penerbangan melalui pusat#Irma di # NOAA42. Penerbangan pada kedua Orion WP-3D dan G-IV # NOAA49 berlanjut.”

Pada hari Seninlalu, the Hurricane Hunters juga berbagi video lain dari pesawat WP-3D yang terbang melalui Badai Irma untuk pertama kalinya. Rekaman pemandangan yang diambil oleh Letnan Rob Mitchell, merekam suasana pesawat yang awalnya menembus langit biru dan awan putih. Kemudian cuaca berubah dengan cepat saat pesawat mendekati pusat lingkaran awan dan hujan yang gelap.

 

NOAA menggunakan penerbangan ini untuk melakukan pembacaan radar vital dan sensor drop untuk membantu peramal cuaca mendapatkan data nyata yang mereka butuhkan untuk melacak jalur dan intensitas badai. NOAA juga masih berencana mengirimkan penerbangan ke badai Irma dalam beberapa hari ke depan.

https://www.youtube.com/watch?v=tyNuCnkHEME

Badai Irma yang kini menyerang kepulauan Karibia, Antigua dan Barbuda diperkirakan akan menyerang Puerto Riko dan mungkin Florida pada akhir pekan. Badai Kategori 5 memiliki angin dengan kecepatan maksimum 185 mph, menurut National Hurricane Center.

Lalu, pesawat macam apa yang dipakai untuk memburu badai macam itu?

Ini adalah Lockheed WP-3D Orion, modifikasi dari P-3 Orion . Hanya ada dua pesawat di seluruh dunia,  masing-masing menggabungkan banyak fitur untuk peran pengumpulan informasi cuaca. Selama musim badai , WP-3Ds dikerahkan untuk bertugas sebagai pemburu badai . Pesawat ini juga mendukung penelitian mengenai hal lain, seperti liputan es Arktik, studi kimia udara, dan suhu air laut dan analisis terkini.

WP-3Ds dilengkapi dengan tiga radar cuaca , radar band C di hidung dan di badan pesawat bawah, dan radar X-band di ekor pesawat. Juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyebarkan perangkat uji coba ke sistem badai, dan memiliki sensor suhu onboard, dan peralatan meteorologi lainnya. Kabinnya diperkuat secara khusus untuk menahan beban peralatan tambahan.

NOAA saat ini mengoperasikan dua WP-3D yang dijuluki Miss Piggy dan Kermit , dan logo mereka yang menampilkan karakter buatan Jim Henson Productions itu. Pesawat pemburu badai milik NOAA lainnya adalah Gulfstream IV-SP yang diberi nama Gonzo. Ini bukan pesawat murah ya, selama dua tahun terakhir untuk melengkapi kemampuannya, dilakukan perbaikan besar-besaran yang menghabiskan dana sampai 35 juta dollar AS. Perbaikan ini mencakup sayap baru, mesin dan radar. NOAA menyebut, perbaikan ini akan memungkinkan pesawat terbang selama 15-20 tahun lagi.