Lebih Aman Mana? Pesawat Besar atau Kecil?

Orang sering bertanya apakah ada perbedaan keamanan antara pesawat yang kecil dibandingkan dengan jumbo jet? Ada juga pesawat komersial yang memiliki dua mesin dan empat mesin, apakah berarti lebih aman terbang dengan pesawat yang memiliki mesin lebih banyak?

Berikut berbagai pertanyaan yang dijawab oleh John Cox, mantan kapten US Airways dan sekarang mendirikan perusahaan keselamatan penerbangan dalam rubric Ask The Captain USA Today

Ada yang mengatakan pesawat yang lebih besar memiliki sistem cadangan yang lebih besar juga. Apakah berarti A380, 747 dan 777 lebih aman untuk terbang?

A380, 747 dan 777 tentu aman. Demikian juga pesawat yang lain seperti keluarga Airbus A320, keluarga Boeing 737, 757, 767, A330 / 340, A350, 787, Embraer 135/145, EMB 170/190 dan Bombardier CRJS adalah daftar pesawat yang aman untuk terbang.

Pesawat terbang yang lebih besar memiliki jumlah sistem yang lebih besar karena ukuran mereka, dengan sendirinya, tidak berarti satu pesawat lebih aman daripada yang lain.

Lebih aman mana, terbang dengan pesawat besar atau kecil?

Hal ini tidak mungkin untuk membuat perbandingan keamanan antara pesawat kecil atau besar karena persyaratan tidak jelas. Pesawat kecil maskapai regional memiliki tingkat kecelakaan yang agak lebih tinggi daripada jet maskapai besar. Turboprop memiliki tingkat kecelakaan lebih tinggi dari jet.

Airline jet memiliki beberapa model yang memiliki tingkat kecelakaan yang lebih rendah daripada yang lain, tetapi ukuran bukanlah faktor yang menentukan.

Penerbangan adalah bentuk transportasi paling aman. Hal ini membuat sangat sulit untuk mengatakan bahwa satu pesawat secara signifikan lebih aman daripada yang lain. Mereka berdua aman  meski satu jenis memiliki tingkat kecelakaan sedikit lebih tinggi dibanding yang lain.

Apakah 747 yang menggunakan  empat mesin lebih aman daripada 777 dengan dua mesin?

Tidak, keduanya aman. Memiliki dua mesin tambahan tidak menjadi jaminan keselamatan meningkat. Tingkat kegagalan mesin B747 lebih tinggi, karena pesawat ini memiliki teknologi dan mesin yang lebih tua.

Apakah hanya memiliki dua mesin meningkatkan risiko ketika terbang di atas lautan?

Tidak, keandalan mesin jet modern sangat baik sehingga bisa terbang aman di mana saja termasuk di atas lautan atau lokasi terpencil.

Salah satu pertimbangan adalah bahwa memiliki lebih banyak mesin meningkatkan kemungkinan jiak salah satu dari mereka mengalami masalah. Pihak yang berwenang memiliki standar yang sangat ketat untuk operasi overwater pesawat dua mesin.

Aku terbang di atas lautan dengan pesawat bermesin ganda berkali-kali setiap tahun tanpa kekhawatiran tentang risiko kegagalan mesin.