Cathay Pacific Rugi Besar

    Cathay Pacific mencatat kerugian pada semester pertama tahun ini. Ini adalah yang terburuk dalam setidaknya 20 tahun terakhir. Maskapai ini juga mengatakan bahwa mereka memperkirakan kondisi tidak akan membaik sepanjang tahun ini, karena terus kehilangan konsumen yang pindah ke pesaing utamanya.

    Grup bisnis penerbangan udara ini melaporkan kerugian sebesar 2.051 juta dollar HK hanya selama enam bulan pertama tahun 2017. Hal ini sama sekali berkebalikan dengan dengan keuntungan sebesar 353 juta dollar HK untuk periode yang sama tahun 2016. Memang mereka mengalami kerugian sebesar 928 juta dollar HK pada semester kedua tahun 2016.

    Perubahan struktural mendasar dalam industri penerbangan terus mempengaruhi operasi perusahaan penerbangan ini dan menciptakan kondisi operasional yang berat. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja maskapai penerbangan sebagian besar sama seperti pada tahun 2016. Persaingan yang ketat dengan maskapai lain adalah yang paling signifikan. Faktor utama lainnya adalah harga bahan bakar yang lebih tinggi, efek buruk dari kekuatan dolar Hong Kong atas pendapatan dalam mata uang lainnya, dan biaya perawatan pesawat yang lebih tinggi.

    “Kami harus memperkuat brand dengan tetap mempertahankan standar, identitas dan keunggulan yang tinggi dalam lingkungan bisnis yang penuh tantangan. Tujuannya adalah pemulihan berkelanjutan dalam pendapatan dan kinerja keuangan jangka panjang, di mana kita bersaing di industri yang mengalami perubahan struktural mendasar. Melalui transformasi tersebut, Cathay Pacific ingin muncul sebagai maskapai yang lebih ramping, lebih lincah dan lebih menguntungkan yang merespons perubahan tren pasar dan preferensi pelanggan,” kata maskapai tersebut dalam sebuah pernyataan.

    Pendapatan penumpang maskapai ini dalam enam bulan pertama tahun 2017 sebesar 32.105 juta dollar HK, turun 3,9% dibandingkan periode yang sama tahun 2016. Kapasitas meningkat sebesar 1,1%, buah dari pengenalan rute ke Tel Aviv dan meningkatkan frekuensi pada rute lain.

    Sedangkan pendapatan dari kargo justru meningkat dan mencerminkan permintaan yang kuat. Tonase terbawa tumbuh lebih cepat dari kapasitas, dan diuntungkan dari kenaikan biaya tambahan bahan bakar dan peningkatan permintaan untuk ekspor dari Cina Daratan. Permintaan pengiriman kargo di Asia semakin kuat dan pengiriman rute Eropa tumbuh.

    Penghasilan kargo dalam enam bulan pertama 2017 adalah 10,515 juta dollar HK, meningkat 11,7% dibandingkan periode yang sama tahun 2016. Kapasitas kargo Cathay Pacific dan Cathay Dragon meningkat sebesar 2,3%. Biaya bahan bakar menekan pendapatan maskapai ini secara signifikan, karena mencapai 30,4% dari total biaya operasi.

    Kemacetan di Bandara Internasional Hong Kong dan kendala pengendalian lalu lintas udara di wilayah Greater China terus menambah biaya bagi maskapai. “Kami melakukan lebih banyak untuk memperbaiki keandalan operasi kami,” tambah perusahaan penerbangan tersebut.