Etika Pakaian Penumpang Jadi Omongan

0

Saudia Airlines telah mengeluarkan aturan berpakaian yang lebih ketat untuk penumpang. Mereka menyatakan akan menolak menerbangkan orang yang menyimpang dari aturan berpakaian itu.

Banyak kritik muncul, tetapi harus diingat bahwa ini sebenarnya adalah aturan organisasi penerbangan internasional. Belum lama di AS, Unites Airlines juga menolak menerbangkan penumpang yang memakai lengging.

Pada kode etik penumpang di situs mereka, Saudia meminta agar wisatawan tidak berpakaian dengan cara yang akan menyebabkan ketidaknyamanan atau pelanggaran terhadap penumpang lain. Wanita mengekspos kaki atau lengan, atau memakai pakaian terlalu tipis atau terlalu ketat dan pria memakai celana pendek yang memperlihatkan kaki.

Maskapai ini sudah memiliki peraturan untuk pelanggannya yang mematuhi undang-undang Kerajaan. Penerbangan Saudia adalah zona bebas alkohol karena ilegal mengimpor atau mengkonsumsi alkohol di Saudia Arabia.

Advertisement

Saudia Arabia adalah satu dari sedikit negara berpenduduk mayoritas Muslim yang mengenakan kode berpakaian menurut undang-undang. Semua wanita, asing dan lokal, harus mengenakan abaya (pakaian long longgar yang menutupi pakaian mereka) di tempat umum.

Aturan berpakaian telah menjadi perdebatan di situs media sosial dengan hashtag #SaudiaAirlines tren. Sejumlah orang setuju dengan peraturan baru. Dia menulis bahwa dirinya tidak berkewajiban untuk melihat pakaian seperti itu di tempat umum, keputusan besar dari pihak maskapai penerbangan.

Sedangkan seorang pria lain bertanya di twitter apakah peraturan tersebut akan berlaku untuk pramugari. Ada pula seorang wanita yang bertanya mengapa sebuah maskapai penerbangan mendikte bagaimana pelanggan mereka berpakaian dan apakah langkah itu akan mendorong pariwisata pada saat bersamaan.

Ali Al Ghamdi, mantan kepala pariwisata dan kesehatan Saudi  berkomentar bahwa banyak maskapai memiliki kode berpakaian. Berbicara kepada surat kabar Makkah, dia mengatakan bahwa persyaratan tersebut tidak eksklusif untuk Saudia Airlines namun dikeluarkan oleh International Air Transport Association (IATA) dan diterapkan dalam berbagai tingkat oleh operator yang berbeda.

Pada bulan Maret, dua gadis dicegah naik pesawat United Airlines dari Denver ke Minneapolis karena mereka mengenakan legging. Pejabat Amerika mengatakan bahwa maskapai dapat menolak penumpang yang tidak berpakaian dengan benar.

Advertisement
Facebook Comments
SHARE