Video Lengkap Terbakarnya American Airlines Dirilis

Aparat berwenang Amerika baru saja merilis sebuah video dimana pesawat jet American Airlines terbakar mesinnya di landasan. Kejadian itu berlangsung pada 28 Oktober 2016 lalu. Video yang dirilis ini memberi gambaran lebih jelas tentang bagaimana insiden yang berpotensi membunuh seluruh penumpang itu terjadi. Video ini melengkapi gambaran kejadian, dari video milik penumpang yang telah tersebar sebelumnya.

Video ini diperoleh dari sejumlah kamera keamanan di Bandara Internasional O’Hare, Chicago. Petugas menggabungkan sejumlah rekaman dari beberapa kamera untuk memperlihatkan bagaimana bencana ini terjadi sejak awal. Selain kamera di gedung-gedung bandara, video dari mobil pemadam kebakaran yang langsung terjun begitu terlihat api, menambah lengkap gambarannya.

American Airlines penerbangan 383 baru saja melaju untuk memperoleh kecepatan sebagai syarat take-off. Pada satu titik, terlihat asap mengepul dan api langsung membesar. Pilot sempat mengontak petugas di menara untuk mengkonfirmasi apakah mereka melihat api. Begitu petugas menara menyatakan bahwa api besar ada di sayap pesawat, pilot langsung meminta pemadam kebakaran segera datang.

https://www.youtube.com/watch?v=wpHXUc6otDo

Pesawat itu membawa 161 penumpang dan 9 awak kabin. Tidak ada yang meninggal dalam insiden ini tapi setidaknya 20 orang terluka saat mereka menurunkan pelampung darurat di sisi pesawat yang tidak terbakar. Awak kabin cukup profesional mengarahkan penumpang keluar, dan semua berjalan lancar.

American Airlines penerbangan 383 yang menggunakan pesawat jenis Boeing 767 lepas landas di runway 28R sekitar pukul 02:30 sore dan terbang menuju Miami. Semua pihak menyatakan bersyukur karena ledakan pertama yang membuat pilot dan menara pengawasan mengumumkan keadaan darurat, terjadi di darat. Dalam beberapa kasus, jika ledakan terjadi setelah pesawat take off, bahkan hanya untuk beberapa detik saja, pesawat bisa meledak dan terbakar seluruhnya. Untung saja pilot segera mengerem pesawat, dan mampu menguasai pesawat yang ketika itu melaju dengan kecepatan sekitar 150 mil per jam.

Para penumpang menyatakan kepada penyidik ​​bahwa mereka mendengar suara keras saat lepas landas dan pesawat bergoyang-goyang. Orang-orang bergerak dari sisi kanan pesawat ke kiri, bertariak kepada pramugari untuk membuka pintu darurat saat pesawat berhenti dan kabinnya penuh dengan asap.

Seorang penumpang kepada penyidik mengatakan ​​bahwa dia bisa melihat api berasal dari sayap kanan dan jendela kemudian tiba-tiba retak. Saat penumpang dievakuasi dari sisi kiri pesawat, truk pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dengan busa. Penyelidik menyatakan, api relatif sulit dipadamkan karena hembusan bahan bakar dari bagian sayap yang terus keluar.

Sampai video dirilis minggu ini, petugas belum menemukan penyebab mesin meledak. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS hanya memastikan bahwa disk turbin bertekanan tinggi pecah menjadi empat bagian dan terlempar dari posisinya di mesin, dan kemudian memutus jalur bahan bakar. Potongan disk ini ditemukan hingga setengah mil jauhnya dari pesawat.

https://www.youtube.com/watch?v=0DLIMnYlx9U