Mendarat Darurat di Pantai, Pesawat Tewaskan 2 Orang

Dua orang tewas ketika sebuah pesawat ringan melakukan pendaratan darurat di sebuah pantai dekat Lisbon. Mereka yang tewas adalah seorang pria berusia 56 tahun dan seorang gadis berusia8 tahun. Keduanya sedang berjemur menikmati musim panas di Portugal. Ratusan pengunjung pantai yang lain berlarian di laut untuk menghindari terjangan pesawat ringan itu.

Peristiwa ini terjadi ketika ratusan orang berjemur di pantai São João da Caparica yang populer, 30 KM selatan Lisbon. “Sebuah pesawat dengan dua orang di dalamnya membuat pendaratan darurat di pantai São João da Caparica, menabrak dua pengunjung pantai dan menyebabkan kematian mereka,” kata otoritas maritim nasional Portugal dalam sebuah pernyataan.

Seorang saksi mata mengatakan bahwa peristiwa itu berlangsung sangat cepat. Para pengunjung pantai tidak memiliki kesempatan untuk menghadapinya. Jadi yang dilakukan adalah berlari tanpa tujuan pasti, asal menghindar dari jalur pendaratan darurat pesawat itu.

Dua orang yang ada di pesawat tersebut tidak terluka dan diinterogasi oleh petugas dari polisi maritim nasional Portugal. Pesawat Cessna tersebut tampak menghadapi masalah dan terbang tanpa arah kemudian terus meluncur ke area pantai. Orang-orang nampak panik karena sebelumnya tidak mendengar suara apapun. Diketahui, mesin pesawat dalam kondisi mati dan pesawat itu turun layaknya paralayang saja.

Pesawat itu tampaknya mengalami kerusakan di bagian sayap kiri, yang menggantung lebih rendah dari sayap kanan. Laporan sementara mengatakan pesawat tersebut terdaftar di sebuah sekolah terbang di Torres Vedras, Portugal.  Belakangan, sekolah penerbangan Aerocondor di Cascais telah mengkonfirmasi pesawat mereka, sebuah Cessna CS AVA, telah menjalani penerbangan dengan seorang siswa dan satu instruktur senior di dalam pesawat. Sekolah terbang itu menyatakan, instruktur telah memiliki pengalaman tinggi dan ribuan jam terbang.