Seragam Bikin Sakit, Serikat Pramugari American Airlines Menggugat

Sekelompok pramugari American Airlines telah berkonsultasi dengan penasehat hukum sebagai persiapan mengajukan tuntutan hukum. Uniknya, tuntutan ini ditujukan bukan untuk perusahaan tempat mereka bekerja, tetapi kepada perusahaan yang menyediakan seragam untuk mereka. Para pramugari ini mengklaim bahwa seragam itu telah menyebabkan mereka mengalami masalah medis yang parah.

Tuntutan yang belum diajukan ini akan ditujukan kepada perusahaan pemasok seragam pramugari, Twin Hill, menurut anggota persatuan pramugari American Airlines, Heather Poole, kepada media AS. Tidak jelas apakah American Airlines akan menjadi tergabung alias sama-sama menggugat Twin Hill dalam kasus ini.

Serikat pramugari ini telah berkonsultasi dengan firma hukum Balaban & Spielberger serta Kabateck Brown Kellner.yang berbasih di Los Angeles. Mereka teru mengumpulkan keluhan rekan-rekan kerja dari pelosok AS, yang kesehatannya telah terpengaruh secara negatif oleh seragam. Semuanya diajak untuk bergabung dalam gugatan class action yang potensial dimenangkan itu.

Sejak September 2016, ribuan pramugari American Airlines, staf lapangan, dan pilot telah melaporkan menderita berbagai penyakit. Semua bermula ketika dikeluarkan seragam baru buatan Twin Hill. Asosiasi Petugas Penerbangan Profesional mengklaim telah menerima pemberitahuan lebih dari 3.500 kasus reaksi kesehatan yang mencurigakan.

“Kami belum diberitahu secara resmi mengenai tindakan ini dan kami tidak akan berspekulasi mengenai apa yang mungkin terjadi. Keselamatan telah dan tetap menjadi prioritas nomor satu kami dan kami tidak akan pernah meminta anggota tim kami mengenakan seragam yang tidak aman,” kata juru bicara American Airlines kepada media AS.

Menurut beberapa pramugari American Airlines, gejala yang mereka rasakan meliputi distres pernapasan ekstrim, mual, sakit kepala, dan ruam di seluruh tubuh. Dalam kasus yang ekstrem, bahkan pernah terjadi setidaknya satu contoh keracunan logam berat. Hal ini telah memaksa banyak pramugari yang terkena dampak untuk mengambil cuti demi perawatan medis.

Pada bulan Juni lalu, American Airlines mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan kerja sama dengan Twin Hill sebagai pemasok seragam. Namun seragam baru diperkirakan tidak akan muncul sampai tahun 2020.