Terbang Tak Lagi Bayar, Bahkan Penumpang Justru Dibayar

Bukan tidak mungkin, dalam waktu dekat penumpang tidak perlu membayar untuk terbang dengan maskapai tertentu. Bahkan lebih jauh dari itu, penumpang mungkin justru akan menerima bayaran. Kok bisa?

Sekarang, dunia digoncangkan dengan kehadiran operator penerbangan berbiaya rendah. Terbang dari satu negara ke negara lain, yang sebelumnya begitu mahal, kini terjangkau masyarakat kebanyakan. Jika tren harga turun menurun, tentu masuk akal jika suatu saat mendekati 0.

Tentu saja, pikiran ini hanya dimiliki oleh seorang pendobrak industri. Mereka adalah pelaku yang tidak mau tunduk pada sistem pasar yang sudah ada. Dan soal terbang gratis atau bahkan dibayar ini, dipaparkan oleh Skúli Mogensen, CEO maskapai WOW dari Islandia. Sejak beberapa tahun terakhir, Mogensen dan manajemen WOW memang menarik perhatian dengan kemampuannya mencari celah biaya penerbangan rendah.

“Ke depan kami bisa membayar Anda untuk terbang bersama kami. Jika Anda datang dan mempercayakan pemesanan tiket kepada kami. Kami dapat memperhitungkan bahwa harga tiket pesawat Anda akan lebih murah dan menjadi nol, bahkan kami akan memberikan hadiah untuk Anda,” kata Skúli Mogensen.

Maskapai ini memang sering membuat kejutan. Mereka terus menekan harga penerbangan sehingga memungkinkan wisatawan melakukan perjalanan lebih jauh dan lebih sering daripada sebelumnya. WOW, saat ini menawarkan penerbangan dari Inggris ke AS dengan harga tiket mulai 149,99 poundsterling, jika mereka bersedia terbang melalui Reykjavik, , ibukota Islandia.

Bagaimana mungkin mereka menjual tiket sedemikian murah? Maskapai penerbangan kini juga menjual layanan ekstra seperti penyewaan mobil dan pemesanan hotel ke para penumpang mereka. Pendapatan fee dari layanan tambahan ini pada akhirnya bisa dialokasikan untuk mengurangi harga tiket. Dengan cara ini, WOW yakin bisa membayar orang untuk terbang bersama mereka dan masih menghasilkan uang dari bisnis penerbangan itu sendiri.

Mereka yang dibayar untuk bepergian, kata Mogensen, adalah penumpang yang telah memiliki hubungan khusus dengan WOW. Hubungan khusus itu semacam pelanggan, artinya mereka setia menjadi penumpang WOW dan turut mempromosikan layanan maskapai itu terutama di media sosial.

“Banyak orang sekarang, baik sebelum dan sesudah perjalanan, berbagi foto dengan teman mereka. Jika kita melayani mereka dengan baik dan mereka menyebarkan pengalamannya, itu adalah umpan balik pelanggan yang sangat bermanfaat. Karena mereka turut mempromosikan kami, mereka selayaknya diberi imbalan yang sesuai,” tambah Mogensen.