Seri Pesawat Pertanian (1) : Air Tractor, Nama Besar Karena Inovasi

Air Tractor adalah salah produsen pesawat terbang utama untuk sektor pertanian, pemadam kebakaran dan berbagai aplikasi lain. Pemakainya membentang dari Amerika Utara, Selatan dan Tengah, hingga ke Australia, Indonesia, China, Spanyol, Italia, Kroasia dan Afrika. Air Tractor dapat ditemukan di lebih dari 30 negara di seluruh dunia dan didukung oleh jaringan dealer Air Tractor global.

Air Tractor Inc. adalah produsen pesawat terbang Amerika Serikat yang berbasis di Olney, Texas. Pendirinya adalah Leland Snow, yang merintis  perusahaan tersebut pada 1978. Awalnya, dia membuat pesawat pertanian dengan basis produk pesawat S-2B. Ini adalah pesawat komersil kecil yang dirancang oleh perusahaan Snow Aeronautical. Model yang diproduksi sebagai generasi pertama ini diberi nama AT-300 Air Tractor, dan terbang pertama kali pada 1973.

Kiprah Leland Snow di dunia pesawat sudah dimulai sejak lama. Dia mulai merancang pesawat pertamanya S-1, pada tahun 1951. Snow ketika itu baru berusia 23 tahun, dan sudah menyelesaikan penerbangan ujicoba dengan S-1 pada 1953. Snow menerbangkan S-1 karena dia memang bekerja di bagian penyemprotan di Texas Rio Grande Valley dan juga di Nikaragua hingga 1957. Begitu akrab dia dengan pesawat S-1, sehingga bisa mengembangkan sendiri menjadi model S-2A dan S-2B, yang dia kreasikan saat pindah kerja di fasilitas produksi di Olney, Texas pada 1958.

Pada 1965, Leland Snow menjual perusahaannya ke Rockwell-Standard. Sebagai bagian dari perjanjian, dia diangkat sebagai wakil presiden salah satu perusahaan itu. Model S-2R dikembangkan dan diberi nama the Thrush. Sekitar 100 Thrush produksi pertama dibangun Olney sebelum kemudian pabrik ditutup dan pindah ke Georgia pada 1970. Lebih dari 500 pesawat diproduksi di bawah kerja sama Snow Aeronautical Corporation dan Rockwell-Standard.

Snow kemudian mengundurkan diri dari Rockwell dan selama 2 tahun penuh berkonsentrasi merancang Air Tractor. Konstruksi dimulai pada 1972 diberi nama AT-300, yang kemudian menjadi AT-301. Model turbin pertama Air Tractor, AT-302, diperkenalkan pada 1977.

Selama enam belas tahun kemudian, Air Tractor telah memproduksi 1.100 pesawat. Perusahaan ini menjadi salah satu pemain utama di bidang pesawat pertanian karena kemampuannya berinovasi terus menerus. Snow, seorang ahli penerbangan sejak muda, nampaknya menjadi nafas dominan dalam perusahaan. Dia mampu menerapkan ilmunya untuk memproduksi pesawat yang efisien namun mampu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pertanian. Saat ini, Air Tractor menghasilkan jajaran pesawat yang mencakup kapasitas 400, 500, 600, dan 800 galon.