Pilot dari Keluarga Tak Mampu Akan Dibantu Citilink

Maskapai Berbiaya Murah (LCC) Citilink Indonesia dan Pemerintah Kota Surabaya sepakat untuk bekerjasama dalam penerimaan pilot dari keluarga tidak mampu asal Surabaya. Program ini sebagai bagian kepedulian perusahaan mengingat Citilink Indonesia pertama kali didirikan di Kota Pahlawan tersebut.

“Ini merupakan upaya Citilink Indonesia dalam mendukung bibit-bibit muda daerah yang potensial serta memiliki kegigihan untuk berbuat yang terbaik walau memiliki keterbatasan,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo usai bertemu dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Kantor Walikota Surabaya, awal Juli 2017.

Ada lima pilot dari keluarga tak mampu yang diterima dalam program ini. Kelimanya sudah akan selesai pendidikan pilot di Banyuwangi, Jawa Timur.

Juliandra menambahkan bahwa Citilink Indonesia menyambut baik keinginan kelima calon pilot itu. Selanjutnya kelimanya akan mengikuti pendidikan lanjutan untuk bisa meraih type rating pesawat A320 yang merupakan kekuatan armada Citilink Indonesia. “Penerimaan kelima calon pilot yang berasal dari keluarga tidak mampu ini rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat dan kemudian akan disekolahkan kembali untuk mengambil lisensi “type rating” Airbus A320,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengapresiasi kesediaan Citilink Indonesia untuk bekerjasama dan mengharapkan bisa menjadi mitra Pemkot Surabaya untuk semua kegiatan di Surabaya baik tingkat nasional maupun internasional. “Banyak kegiatan di Surabaya, contoh saja pada bulan Agustus nanti ada empat kegiatan internasional, Juli ini ada satu kegiatan. Nanti semua akan melibatkan Citilink Indonesia, terutama dalam mempromosikan pruduk-produk UMKM Surabaya,” kata Risma.

Dalam kesempatan tersebut, Juliandra dan Risma juga membicarakan tentang kerjasama Citilink Indonesia dengan Pemerintah Kota Surabaya di bidang lainnya selain dalam hal sumber daya manusia. Contohnya adalah promosi gabungan untuk kegiatan berskala nasional dan internasional termasuk sektor pariwisata, serta memberikan dukungan kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi binaan Pemerintah Kota Surabaya. “Citilink Indonesia sangat mendukung kerjasama dengan Pemkot Surabaya untuk memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian dan pariwisata daerah di Indonesia, terutama di Surabaya,” kata Juliandra.