Jejak Panjang Pesawat Penumpang Rusia

Industri penerbangan Rusia baru saja membuat langkah besar dengan penerbangan perdana pesawat komersial MC-21 yang dibangun negara tersebut. Pesawat ini dianggap sebagai “jawaban” Rusia pada Boeing-737 MAX dan Airbus A320neo. Rusia juga telah  menciptakan pesawat penumpang Sukhoi Superjet untuk mengurangi impor mereka pada pesawat komersial.

Rusia sebenarnya memiliki sejarah panjang dalam pembangunan pesawat sipil. Sejak puluhan tahun lalu, pesawat telah terbang di negara ini untuk membawa penumpang non militer. Mari kita lihat melalui sejumlah foto menarik berikut.

Seorang pilot An-2 dan gadis Uzbek di pertanian kolumnis Kongres CPSU ke-22 di Republik Uzbekistan dari Uni Soviet.

An-2 adalah pesawat biplan terbesar di dunia. Pesawat ini digunakan untuk pertanian, dan juga memiliki modifikasi transportasi, hoby dan penumpang.

Itu juga salah satu pesawat paling masif di dunia. An-2 berhasil masuk ke Guinness Book of Records sebagai satu-satunya pesawat yang berproduksi lebih dari 60 tahun. Pesawat lamban namun handal ini, masih digunakan di beberapa negara, misalnya Korea Utara.

Sebuah pesawat Il-14 dari ekspedisi Kutub Utara 9 mendarat di sebuah hamparan es Kutub Utara.

Konstruktor pesawat Ilyushin Il-14 ditugaskan merancang jet yang bisa mendarat meski salah satu mesinnya gagal. Dari 1.300 pesawat buatan Soviet, 500 diekspor ke luar negeri. Di Rusia, pesawat digunakan sampai awal 1990an.

Sebuah pesawat Tupolev Tu-104 naik ke landasan pacu di bandara Sheremetyevo-1 Moskow.

Pesawat jet Soviet pertama, Tu-104, dirancang berdasarkan pembom jarak jauh Tu-16. Sebelum Boeing 707 diperkenalkan, ini adalah satu-satunya pesawat jet penumpang di dunia.

Sebuah pesawat penumpang Ilyushin Il-18 di landasan bandara Adler, Sochi, Rusia.

Il-18 adalah pesawat penumpang generasi pertama dengan pembangkit listrik turbin gas dan salah satu pesawat penumpang paling masif di Uni Soviet.

NEXT