Bandara Bulungan Segera Didarati ATR-72

    Bandar Udara Tanjung Harapan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara dalam waktu dekat akan didarati pesawat jenis ATR-72 milik maskapai Lion Air dan Garuda Indonesia.

    Rencana ini dikatakan Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie kepada Antara di Nunukan karena runway (landasan pacu) bandara tersebut telah diperpanjang dari 1.400 meter menjadi 1.600 meter.

    Pesawat jenis ATR-72 dapat mengangkut 78 penumpang dan saat ini untuk membuka jalur penerbangan Balikpapan-Bulungan dan sebaliknya masih dalam tahap negosiasi perizinannya, katanya.

    “Kemungkinan besar yang paling cepat menyelesaikan perizinan adalah maskapai Lion Air dengan rute Balikpapan (Kaltim) – Bulungan (Kaltara) dan sebaliknya,” kata Irianto Lambrie dilaporkan Antara Rabu 31 Mei 2017.

    Pematangan perpanjangan runway Bandara Bulungan ini dalam tahap penyelesaian, selanjutnya dilakukan pengaspalan dan pemagaran keliling sepanjang 2.400 meter, ujarnya.

    Irianto Lambrie berharap, saat beroperasi nanti Bandara Bulungan ini agar dapat didarati dua arah “landing dan take off” dengan ketentuan pemangkasan bukit pada ujung runway di Jalan Agatis Tanjung Selor.

    Kemudian lanjut dia, disediakan pula lahan seluas 22 hektar sebelah timur bandara itu untuk pembangunan terminal.