30 Tahun Jadi Misteri, Jet Elvis Presley Dilelang

Sebuah  jet pribadi yang pernah menjadi milik Elvis Presley dan pernah tampil di stasiun televisi National Geographic akan dilelang. Sebelum diputuskan akan dilelang, pesawat 1962 Lockheed Jetstar itu berdiam di sebuah landasan pacu di New Mexico, AS selama 30 tahun.

Kondisi pesawat dengan cat  merah itu memang tidak bagus bahkan  tak memiliki mesin dan membutuhkan restorasi berat di kokpitnya.

Namun, Elvis sendiri yang merancang desain interior pesawat serta kursi penumpang berlapis beludru merah serta lantai yang ditutupi karpet berbulu juga berwarna merah.

Selama ini, pesawat itu menjadi salah satu sumber misteri di kota Roswell, New Mexico, tempat pesawat tersebut teronggok di landasan udara kota.

Situs liveauctioneers.com, yang akan mengatur lelang pesawat ini, mengatakan, jet itu adalah milik Elvis dan ayahnya, Vernon Presley. “Jet ini sangat bisa direstorasi dan dipamerkan untuk disaksikan orang dari seluruh dunia,” demikian promosi dari situs lelang itu.

Direktur Roswell International Air Center Scott Stark mengatakan, pesawat itu adalah milik pribadi dan sangat jarang dibuka untuk umum. “Terakhir kali ada turis yang melihatnya adalah sekitar 5-6 tahun lalu,” ujar Stark.

Meski demikian pemilik saat ini mengizinkan pesawat itu bebebrapa kali dipamerkan dalam sejumlah ajang.

Stark mengatakan, sang pemilik, yang namanya tak disebutkan, belum lama ini memutuskan untuk menjual pesawat tersebut.

GWS Auctin Inc dari California lewat situs resminya mengatakan, pesawat itu akan dilelang pada 27 Mei mendatang bersama memorabilia selebriti lain seperti Beach Boys dan penyanyi R&B Aaliyah.

Balai lelang itu memperkirakan, pesawat milik Elvis itu memiliki nilai setidaknya US$2 juta dolar atau sekitar Rp26,5 miliar.

Selain pesawat ini, Elvis juga memiliki kendaraan udara lainnya, salah satu yang terkenal dinamai Lisa Marie yang bisa disaksikan di Graceland, Memphis, Tennessee.

Elvis Presley lahir di Tupelo, Mississippi pada 8 Januari 1935 dan pindah ke Memphis bersama orangtuanya saat dia berusia 13 tahun. Elvis Presley meninggal dunia pada 16 Agustus 1977 di Memphis dalam usia 42 tahun.