Bandara Juanda Buka 24 Jam Selama Lebaran

Bandara Juanda Surabaya

Internasional Juanda Surabaya akan membuka penerbangan dalam waktu 24 jam selama H minus 10 sampai dengan H plus 15 Lebaran tahun 2017.

General Manager PT Angkasa Pura 1 Juanda Yuwono,  mengataan pengoperasian bandara selama 24 jam ini dilakukan untuk menampung penumpang yang akan pergi mudik dan balik Lebaran.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan yang ada di lingkungan bandara untuk membahas segala kesiapan ini,” ujarnya Rabu 17 Mei 2017.

Ia menjelaskan, selama ini setiap pukul 23.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB bandara ditutup untuk dilakukan perbaikan penguatan landasan.

“Tetapi pada saat lebaran nanti pengerjaan tersebut akan dihentikan dan bandara dibuka selama 24 jam untuk melayani penumpang,” katanya dilaporkan Antara.

Ia mengatakan, persiapan lainnya yang dilakukan oleh Bandara Internasional Juanda adalah menyiapkan fasilitas seperti halnya menambah jumlah petugas “customer service”.

“Selain itu, kami juga akan membuka posko lebaran yang akan ditempatkan di Terminal I Bandara dan juga di Terminal 2 Bandara Juanda,” ujarnya.

Ia mengatakan, di dalam posko tersebut akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang ada mulai dari unsur imigrasi, bea cukai, SAR, TNI, Polri dan juga unsur yang lainnya.

“Saat ini penerbangan di Bandara Juanda yang awalnya diperuntukan untuk pesawat kecil sekarang sudah bisa menampung pesawat berbadan lebar dengan jumlah penumpang sekali angkut yang mencapai lebih dari 400 orang,” katanya.

Pesawat berbadan lebar tersebut, kata dia, salah satunya adalah pesawat yang digunakan untuk mengangkut jamaah umroh yang langsung dari Juanda menuju ke Madinah. “Pesawat pengangkut jamaah umroh ini berangkat 13 kali dalam sepekan,” katanya.

Menurutnya, segala kesiapan akan terus dilakukan supaya pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran penumpang yang menggunakan jasa penerbangan di Bandara Internasional Juanda bisa berjalan dengan lancar.

“Termasuk dengan adanya penambahan waktu penerbangan oleh maskapai untuk mengangkut penumpang saat lebaran tahun ini,” katanya.