Jaga Garis Produksi Gripen C/D, Saab Incar Tiga Negara Ini

Gripen

Perusahaan Saab Swedia tengah mengincar tiga negara untuk bisa menjual lebih banyak jet tempur Gripen C / D dan memberi energi kembali pada lini produksinya.

Salah satu negara tersebut adalah, Bulgaria yang tengah bersiap untuk mengajukan kesepakatan pembelian delapan Gripen baru untuk menggantikan armada MiG-29 mereka. Pada bulan April, Wakil Perdana Menteri sementara Bulgaria Stefan Yanev mengumumkan bahwa jet Saab adalah pilihan yang lebih disukai, yang berpotensi mengalahkan F-16 bekas  dari Portugal dan  Eurofighter Typhoon bekas  Italia.

“Apa yang terjadi sekarang adalah mereka membentuk pemerintahan baru, jadi sekarang kita menunggu informasi bagaimana kelanjutannya,”  kata Richard Smith, kepala pemasaran Gripen, Saab,  di Linköping, Swedia Selasa 9 Mei 2017 sebagaimana dilaporkan Defense News.

Sementara lini produksi Gripen akan terus bergerak di masa mendatang dengan pesanan model E / F baru dari Swedia dan Brasil, pengiriman varian C / D terakhir terjadi pada tahun 2015. Smith memastikan bahwa Saab telah memulai beberapa  pekerjaan penting pada model “C” baru untuk mempersingkat waktu pengiriman pesanan di masa depan, namun menolak untuk menjelaskan apakah itu termasuk membeli barang-barang bekas  jika beberapa konstruksi dimulai.

“Kami belum menentukan pesawat terbang untuk negara tertentu, dan kami belum membuat ekor putih,” katanya. Ekor putih adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pesawat yang dibuat tanpa ada yang memesan.

Selain Bulgaria, Botswana dan Slovakia memberikan peluang penjualan paling cepat untuk model C / D. Saab telah menanggapi permintaan proposal yang dikeluarkan Botswana pada bulan Juni 2016.

Penawarannya mencakup pelatihan pilot dan teknisi baru, dukungan logistik awal, dan dukungan lokal lainnya. Gripen akan bersaing dengan FA-50 dari Korea Aerospace Industries, versi tempur pelatih T-50.

“Kami merasa bahwa diskusi bergerak maju dengan Botswana, dan menurut saya sesuai dengan yang kami tawarkan, kami menawarkan kemampuan tempur  untuk Botswana di masa depan,” kata Smith.

Sementara itu, Slovakia berusaha untuk mengganti armada MiG-29 dan mengeluarkan RFP jet tempur terbarunya pada tahun 2016. Saab, yang  terlibat dalam diskusi dengan pemerintah Slovakia sejak tahun 2015, menawarkan paket varians C / D dengan dukungan logistik, pelatihan , dukungan dan pemeliharaan lokal.”Sekarang kita menunggu keputusan dari  Slowakia  tentang bagaimana kelanjutannya,” katanya.

Saab juga bergerak maju dengan persiapan untuk penerbangan Gripen E pertama, yang diperkirakan akan terjadi sebelum akhir Juni. Meskipun desain fisik Gripen E terlihat hampir sama dengan model C / D, pejabat Saab menekankan bahwa ini adalah pesawat  yang sama sekali berbeda, dengan mesin yang lebih kuat, jangkauan yang lebih baik dan avionik baru.

Perusahaan tersebut akan mulai mengirimkan Gripen E pertama ke Swedia dan Brasil pada tahun 2019. Angkatan Udara Swedia berencana untuk membeli 60 Gripen E / F, dan Brazil telah memesan 36 pesawat dan mungkin akan berkembang  hingga 100 pesawat baru untuk mengisi kembali kekuatannya

Brigadir Jenderal Márcio Bruno Bonotto, presiden komite koordinasi program pesawat tempur Brasil, mengatakan kepada wartawan bahwa jika Gripen E membuktikan dirinya, Brasil akan mempertimbangkan untuk memperluas pembeliannya.

“Kami memiliki beberapa perkiraan dalam jumlah  [jet tempur yang akan dibutuhkan], tapi kita belum memulai terbang [Gripen],” katanya. “Jadi setelah melihat kemampuan pesawat terbang, jumlah ini bisa berubah.”

Saab juga mencari pelanggan lebih lanjut untuk model “E”, kata Smith. Perusahaan berencana untuk mengusulkan model “E” dalam kompetisi tempur Belgia, di mana ia akan berhadapan melawan F-35, Rafale dan Typhoon.

Finlandia juga pada tahap awal kompetisi sendiri dan direncanakan akan merilis RFP tahun depan. Saab menanggapi permintaan informasi dari negara tersebut tentang Gripen pada akhir 2016.