Apakah Aman Terbang Trans-Atlantik dengan Pesawat Dua Mesin?

    Penerbangan jarak jauh semakin berkembang. Yang menarik, pesawat yang digunakan justru semakin kecil. Tidak lagi pesawat berbadan lebar empat mesin, tetapi pesawat dua mesin pun juga digunakan.

    Mereka terbang melintas samudera atlantik yang sangat luas dan tidak ada tempat persinggahan di tengah jalan.

    Apakah aman? Bagaimana jika di tengah penerbangan ketika di atas Atlantik tiba-tiba satu mesin mati? Apa yang harus dilakukan oleh pilot?

    Berbagai pertanyaan itu akan dijawab oleh John Cox, mantan kapten US Airways dan sekarang mendirikan perusahaan keselamatan penerbangan dalam rubric Ask The Captain USA Today

    Baru-baru ini, telah dikabarkan bahwa beberapa penerbangan sedang mempertimbangkan menggunakan Airbus A321-LR untuk penerbangan trans-Atlantik. Apakah Anda berpikir pesawat terbang berbadan sempit akan menjadi masa depan untuk perjalanan internasional?

    Ada kemungkinan bahwa beberapa penerbangan bisa mulai menerbangkan terbang A321LR di rute trans-Atlantik. Pesawat memiliki jangkauan untuk membuat penerbangan ini. Boeing 757 telah digunakan pada perjalanan rute trans-Atlantik selama bertahun-tahun. Keduanya pesawat lorong tunggal, juga dikenal sebagai pesawat terbang berbadan sempit.

    Emirates Airlines akan segera meluncurkan penerbangan komersial terpanjang, Dubai ke Panama, menggunakan B777-200LR, sebuah pesawat bermesin ganda. Penerbangan ini harus menyeberangi Samudera Atlantik, dan saya tidak melihat titik persimpangan kurang dari enam jam. Apakah ini tidak melangguran aturan penerbangan?

    Pesawat  seperti B777  telah diberikan otoritas operasi jarak jauh, yang memungkinkan mereka untuk menerbangi  rute tersebut. Mereka tidak melanggar peraturan. Sistem redundansi jet kembar modern seperti 777, 787 dan A350  luar biasa, yang memungkinkan mereka untuk terbang di atas bagian yang sangat terpencil di planet ini dengan aman.

    Jika sebuah pesawat bermesin ganda memiliki satu mesin  gagal di tengah jalan di atas Atlantik, pilihan apa yang dimiliki pilot?

    Pilot akan mengalihkan ke bandara terdekat sesuai. Pada penerbangan overwater, bandara pengalihan direncanakan sebelum keberangkatan. Jika ada kebutuhan untuk mengalihkan baik karena  masalah mesin atau masalah lain  pilot memiliki rencana yang telah disusun.