Sinar Hijau Teror Mematikan Bagi Pilot

Sinar Hijau Teror Mematikan Bagi Pilot

Ini mungkin terdengar seperti tidak mungkin. Tapi ini benar: pointer laser yang biasa kita gunakan untuk presentasi atau untuk menghibur kucing Anda selama berjam-jam benar-benar bisa menjatuhkan pesawat. Bagaimana hal itu bisa terjadi?Menurut Federal Bureau of Investigation, berkas cahaya dari laser pointer genggam ditujukan pesawat dari darat dapat melakukan perjalanan lebih dari satu mil. Pilot yang mengalami serangan laser dari kokpit sebanding dengan ketika sinar flash kamera menerpa sopir mobil yang sedang berjalan di kegelapan [sumber: FBI].

Laser pointer khas seperti jenis yang digunakan oleh para astronom amatir untuk menunjukkan rasi bintang atau dengan dosen selama kuliah memiliki output sekitar 5 miliwatt. Amat sangat kecil dibandingkan dengan pesawat.

Tapi tidak seperti lampu pijar yang dirancang untuk menerangi ruang yang besar, cahaya dari laser pointer terkonsentrasi menjadi sinar sempit yang menyebar sangat lambat.

Sinar Hijau Teror Mematikan Bagi Pilot
Efek pointer laser ketika menghantam kokpit pesawat.

Federal Aviation Administration menemukan bahwa sinar laser hijau standar 5-milliwatt mampu menyebabkan luka bakar di retina pada jarak hingga 50 kaki (15 meter) dan kebutaan flash di hampir jarak seperempat mil (350 meter).

Pada 2 mil (3 kilometer), laser pointer 5-milliwatt mampu mengganggu penglihatan pilot untuk menyebabkan pendaratan dibatalkan [sumber: Fienberg].

Pada akhir 2013 memang tidak ada kecelakaan pesawat telah dikaitkan dengan laser pointer, tetapi potensi bahaya nyata tetap [sumber: The Economist].

Karena kedipan laser yang paling mungkin terjadi selama lepas landas dan mendarat ketika pesawat dekat dengan tanah, bahkan gangguan kecil dapat merupakan bahaya.

Pilot dalam insiden penyerangan beberapa laser yang telah menderita kebutaan sementara, dan, dalam kasus-kasus ekstrem beberapa, pilot telah dirawat di rumah sakit dengan luka bakar retina [sumber: Cortez, Hartmann, Koerner].

Di Amerika Serikat, menggunakan laser untuk menghantam pesawat adalah kejahatan dan pasti akan diburu oleh FBI. Sejak tahun 2005, FBI telah bekerja dengan FAA untuk melacak serangan laser bahkan menawarkan hadiah sampai US$10.000 jika ada yang memberi informasi yang mengarah pada penangkapan orang yang dengan sengaja bertujuan laser pada pesawat [sumber: FBI].

JADI JANGAN SEKALI-KALI MELAKUKAN HAL INI JIKA ANDA MASIH SEORANG  MANUSIA! (Sumber: howstuffworks.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.