Pilot Ini 32 Kali Ditembak Jatuh dan Hancurkan 519 Tank Lawan

Han-Ulrich Rudel adalah pilot yang hampir tidak masuk akal. Dia adalah seorang pilot bomber Nazi yang terbang 3.500 misi tempur dan terus masuk ke kokpit bahkan setelah ia 32 kali ditembak jatuh.

Rudel memulai kariernya sebagai pilot pengintai di Luftwaffe tetapi kemudian diizinkan mengikuti pelatihan dive bombing. Setelah lulus pada tahun 1941, ia dipindahkan ke unit dive bombing Stuka dan terbang dalam serangan blitzkrieg Jerman. Dia akan menghabiskan hampir semua karier Perang Dunia II pada pertempuran front timur Jerman Soviet.

Han-Ulrich Rudel
Han-Ulrich Rudel

Pada September 1941 ia dikirim untuk menyerang unit angkatan laut Soviet dan berhasil menenggelamkan kapal perang Marat. Pada awal 1943 ia merayakan 1.000 sortienya. Sekitar satu bulan kemudian, pada April 1943, ia mengambil bagian dalam serangan terhadap kapal pendarat amfibi Soviet ketika menerbangkan Ju-87. Dia menenggelamkan 70 kapal dengan dua 37mm meriamnya.

Selama perang, ia merintis sebuah taktik di mana pesawat serangan menyerang tank dari belakang hal ini menjadikan pesawat bisa menembak bagian tank yang memiliki armor yang relatif tipis.

Ketika menggunakan taktik ini, Rudel mampu menghancurkan 12 tank Soviet dalam sehari. Dalam pertempuran berat lain ia memecahkan rekor pribadinya menjadi 17 tank dalam satu hari.

Keberanian Rudel untuk terbang rendah dan lambat untuk mengambil target Soviet meninggalkan dia dalam risiko tinggi ditembak. Tidak main-main dia ditembak jatuh 32 kali oleh baterai anti-pesawat. Dia juga terluka baik saat jatuh atau ketika di udara.

Cedera terburuknya datang saat berusaha untuk membunuh tank ke-13 dalam sebuah pertempuran sengit. Setelah ia menembakkan putaran 37mm terakhirnya, kaki kanannya ditembak senjata anti-pesawat. Pilot lain mendarat untuk menolongnya dan mengeluarkan dari pesawat hingga dia selamat.

Battleship Marata yang ditenggelamkan Rudel
Battleship Marata yang ditenggelamkan Rudel

Namun, ia kembali di kokpit setelah pemulihan singkat dan terus terbang di lini depan. Rudel ini kembali ke kokpit setelah melawan perintah Hitler. Führer ingin memastikan pilot pahlawannya selamat dari perang, tapi Rudel ingin kembali ke pertarungan.

 Ju-87 Stuka
Ju-87 Stuka

Selama kariernya, ia menghancurkan 519 tank Soviet, satu kapal perang, kapal penjelajah, kapal perusak, 70 kapal pendarat, dan 11 pesawat terbang. Dan dia terkenal secara teratur juga melakukan pendaratan untuk menyelamatkan awak pesawat jatuh. Untuk usahanya, Rudel dianugerahi Ritterkreuz dari Iron Cross dengan Golden Oak Leaves, Swords, dan Diamonds, tingkat tertinggi kedua Ritterkreuz. Dia adalah satu-satunya penerima penghargaan ini.

Satu-satunya penghargaan lebih tinggi dari Rudel adalah salah satu khusus dibuat untuk Hermann Göring, dan Göring pada mendapatkannya ketika menjadi kepala Luftwaffe, bukan untuk keberanian.

Han-Ulrich Rudel menerima penghargaan dari Hitler
Han-Ulrich Rudel menerima penghargaan dari Hitler

Kekalahan perang memaksa Rudel pensiun dini. Keahlian dukungan udara jarak dekatnya akhirnya digunakan para insinyur AS Amerika untuk berkonsultasi ketika Angkatan Udara merancang A-10 Warthog.

Rudel sendiri dikenal sebagai pendukung fanatik Nazi. Dia berbicara secara teratur dalam mendukung Third Reich dan anggota partai politik neo-Nazi dari tahun 1953 sampai kematiannya pada tahun 1982.